Selasa 10 Mar 2020 12:56 WIB

Raja Belanda Serahkan Keris Milik Pangeran Diponegoro

Raja Belanda menyerahkan keris Pangeran Diponegoro secara resmi.

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Esthi Maharani
Pangeran Diponegoro.(wikipedia)
Foto: wikipedia
Pangeran Diponegoro.(wikipedia)

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima kunjungan Raja dan Ratu Belanda, Raja Willem Alexander dan Ratu Maxima Zorreguite Cerruti di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Selasa (10/3). Dalam kesempatan ini, Raja Belanda menyerahkan keris Pangeran Diponegoro secara resmi.

Menurut Sekretaris Kabinet Pramono Anung, keris milik Pangeran Diponegoro ini diserahkan ke Pemerintah Indonesia melalui Duta Besar Indonesia di Belanda pada 3 Maret 2020 kepada Presiden Jokowi.

"Keris Pangeran Diponegoro diserahkan oleh Raja Belanda Willem Alexander melalui Dubes Indonesia di Belanda pada tanggal 3 Maret 2020 kepada Presiden @jokowi dan dalam kunjungannya Raja Belanda hari ini, tanggal 10 Maret 2020 di Istana Bogor, keris tsb dipamerkan," ujar Pramono dalam twitnya melalui akun resmi instagramnya.

Dalam pertemuan bilateral antara Presiden Jokowi dengan Raja Belanda di Istana Kepresidenan Bogor, keris itupun juga dipamerkan. Keris yang berwarna kuning emas itu selama ini disimpan di Belanda.

Presiden Jokowi didampingi Ibu Negara Iriana Jokowi dan Raja serta Ratu Belanda pun tampak menyaksikan keris yang dipamerkan di Istana Bogor ini selama beberapa menit. Mereka kemudian melakukan swafoto bersama. Indonesia dan Belanda  memiliki sejarang panjang setelah VOC menjajah Indonesia selama 3,5 abad.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement