Selasa 10 Mar 2020 11:44 WIB

Jokowi Terima Kunjungan Raja dan Ratu Belanda

Kunjungan terakhir pihak Kerajaan Belanda dilakukan pada 1995 oleh Ratu Beatrix.

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Agus Yulianto
Raja Belanda Willem Alexander (kiri) dan Ratu Maxima Zorreguieta Cerruti tiba di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Senin (9/3/2020).(Antara/Sigid Kurniawan)
Foto: Antara/Sigid Kurniawan
Raja Belanda Willem Alexander (kiri) dan Ratu Maxima Zorreguieta Cerruti tiba di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Senin (9/3/2020).(Antara/Sigid Kurniawan)

REPUBLIKA.CO.ID,  BOGOR -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima kunjungan kenegaraan Raja Belanda Willem Alexander dan Ratu Maxima Zorreguieta Cerruti di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Selasa (10/3).

Setibanya Raja dan Ratu Belanda di Istana Kepresidenan Bogor, Presiden Jokowi menyambut kedatangan keduanya. Ketibaan keduanya pun disambut pasukan berbaju nusantara. Kemudian, acara dilanjutkan dengan upacara penyambutan dan sesi foto bersama. 

Presiden Jokowi dan Iriana Jokowi kemudian mendampingi Raja dan Ratu Belanda melakukan penandatanganan buku tamu dan menuju veranda talk.

Saat akan menuju ke lokasi penanaman pohon cendana, Jokowi menyopiri mobil golf yang dinaiki oleh Raja dan Ratu Belanda serta Ibu Negara Iriana Jokowi. Setelah itu, Presiden Jokowi dan Raja Belanda melakukan pertemuan bilateral. 

Sejumlah pejabat tampak hadir dalam acara ini di antaranya Menlu Retno Marsudi, Seskab Pramono Anung, Mensesneg Pratikno, Mendikbud Nadiem Makarim, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Pandjaitan, dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono. 

Kunjungan kenegaraan Raja dan Ratu Belanda ke Indonesia tersebut untuk meningkatkan kerja sama bilateral di bidang ekonomi dan peningkatan sumber daya manusia.

Di Indonesia, Raja Willem-Alexander tidak hanya mengunjungi Jakarta, tetapi juga ke Yogyakarta, Palangka Raya, dan Danau Toba.

Kunjungan kenegaraan terakhir pihak Kerajaan Belanda dilakukan pada 1995 oleh Ratu Beatrix. Pada saat itu Willem-Alexander turut mendampingi sebagai putra mahkota.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement