Advertisement

Permudah Donasi, Dompet Dhuafa-Nobu Bank Jalani Kerja Sama

Senin 09 Mar 2020 21:02 WIB

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Mohamad Amin Madani

Proses digital dapat membantu lembaga untuk lebih tertata mengelola dana masyarakat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dompet Dhuafa bekerja sama dengan Nobu Bank untuk menerapkan  pembayaran digital melalui Quick Response Indonesia Standard (QRIS). Nobu Bank membantu lembaga filantropi tersebut untuk menerbitkan QR merchant sesuai standar dari Bank Indonesia.

Nobu Bank menyediakan 1.500 QRIS untuk disebar ke mitra rekanan dan tempat strategis lainnya sebagai sebuah metode pembayaran ziswaf ke Dompet Dhuafa. Direktur Utama Dompet Dhuafa Republika, Imam Rulyawan mengatakan pergeseran donasi melalui digital juga terus meningkat. Ia menunjukkan preferensi masyarakat untuk berdonasi telah bergeser dari tunai ke nontunai.

Di Dompet Dhuafa, pembayaran ziswaf melalui layanan bank mencapai 80 persen. Sebanyak 20 persen diantaranya dibayar melalui digital seperti uang elektronik atau dompet digital.

"Dengan adanya QRIS, bisa jadi naik ke 30 persen karena tidak ribet, tidak perlu input nomor rekening, hanya pindai saja bisa dari spanduk-spanduk," kata dia.

Akses yang mudah dan cepat menjadi pilihan masyarakat millenial saat ini, termasuk untuk bersedekah. Sehingga peran penting perbankan di kehidupan masyarakat dapat mendukung dunia filantropi menjadi penggerak dalam menggali potensi dana zakat yang sangat besar di Indonesia.

Dompet Dhuafa menargetkan penghimpunan dana ziswaf sebesar Rp 450 miliar sampai Rp 500 miliar tahun ini. Pada 2019, terkumpul dana ziswaf sebesar Rp 285 miliar dan 65 persen di antaranya adalah dana zakat.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA