Senin 09 Mar 2020 18:04 WIB

Prodi Kedokteran UMP Raih Akreditasi B

Perolehan akreditasi B merupakan hasil kerja keras semua civitas akademika di FK UMP.

Rep: Eko Widiyatno/ Red: Yusuf Assidiq
Universitas Muhammadiyah Purwokerto.(UMP)
Foto: UMP
Universitas Muhammadiyah Purwokerto.(UMP)

REPUBLIKA.CO.ID,  PURWOKERTO -- Upaya Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP), Jawa Tengah, meraih akreditasi B bagi Prodi Kedokteran Umum yang dikelolanya akhirnya terwujud. Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan Tinggi Kesehatan Indonesia (LAM-PTKes) memberikan akreditasi B bagi penyelenggaraan program studi tersebut.

Akreditasi B tidak hanya diberikan untuk Prodi Profesi Kedokteran saja, tapi juga untuk Prodi Pendidikan Sarjana Kedokteran-nya. ''Peringkat akreditasi B ini tertuang dalam SK Nomor 0048/LAM PTKes/Akr/Sar/II/2020 untuk Prodi Pendidikan Sarjana Kedokteran, dan 0049/LAM-PTKes/Akr/Pro/II/2020 untuk Prodi Profesi Dokter,'' jelas Wakil Rektor Bidang Akademik UMP, Dr Jebul Suroso.

Dua Surat Keputusan (SK) tersebut ditandatangani langsung oleh Ketua LAM-PTKes Prof Usman Chatib Warsa. Untuk Prodi Sarjana Kedokteran mendapat nilai 338 atau Peringkat Baik, sedangkan untuk Prodi Profesi Kedokteran mendapat nilai 339 juga dengan predikat Baik. ''Kedua SK ini, berlaku selama lima tahun ke depan,'' ujarnya.

Menurut dia, perolehan akreditasi B merupakan hasil kerja keras semua civitas akademika  di FK UMP. ''Tentunya perolehan akreditasi ini sangat menggembirakan, sekaligus merupakan bukti bagi keseriusan UMP menyelenggarakan program pendidikan dengan kualitas yang baik bagi masyarakat,'' katanya.

Rektor UMP Dr Anjar Nugroho mengatakan, UMP saat ini menjadi kampus terbaik ke-5 di lingkungan Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM) di Indonesia. Dengan keberhasilan ini, dia menyatakan akan terus memacu seluruh penyelenggara pendidikan di UMP untuk menjadi lebih baik.

''Saat ini, UMP memiliki lebih dari 43 program studi di 12 fakultas dan pascasarjana. Dari jumlah prodi sebanyak itu, enam prodi di antaranya sudah terakreditasi A. Sedangkan lainnya, memiliki akreditasi B mantap yang tinggal setahap lagi meraih akreditasi A,'' jelasnya.

Selain itu, kata rektor, UMP juga memiliki lima program profesi dan penyelenggara PPG. Sedangkan untuk program pasca sarjana, UMP telah memiliki program magister untuk bidang Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Pendidikan Bahasa Inggris, Magister Manajemen, Pendidikan IPS, Pendidikan Dasar, Farmasi, dan Pendidikan Agama Islam.

''Kalau program profesi, UMP memiliki program pendiri profesi untuk apoteker, Profesi Ners (Keperawatan), Profesi Dokter, Profesi Kebidanan, dan Profesi Pendidikan Guru,'' ujar dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement