Senin 09 Mar 2020 16:45 WIB

Berawal Menang Kompetisi, Kini Miliki 4 Cabang Rental Kamera

Sebuah musibah pernah menimpanya saat kamera bernilai puluhan juta raib dicuri.

Muhammad Zulfi Ifani
Foto: dokpri
Muhammad Zulfi Ifani

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Bermula dari memiliki keahlian sebagai video journalist, Muhammad Zulfi Ifani dihadapkan pada jalan tak terduga hingga mampu mengembangkan usaha rental kamera hingga sekarang. IFRAME Rental ia dirikan sejak 2012 silam bermodal dana yang ia dapat seusai memenangkan sebuah kompetisi wirausaha.

Momen tersebut terjadi selepas pria yang akrab dipanggil Fani ini mengikuti kompetisi film dokumenter di sebuah TV swasta nasional selama enam bulan. Berawal dari situ, ia pun bertekad untuk mengembangkan usahanya. Sewa kamera menjadi pilihan yang ia bidik saat itu.

Kamera dan peralatan lainnya ia sewakan mulanya hanya pada teman-temannya sendiri. Namun seiring berjalannya waktu, ia mulai menyewakannya untuk umum melalui situs rentalkamerajogja.com pada tahun 2013.

Pada tahun yang sama, sebuah musibah menimpa usahanya tersebut. Kamera digital bernilai puluhan juta raib dicuri. Namun tak lama, ia kembali bangkit meniti usahanya kembali. "Alhamdulillah bisa bangkit dengan memiliki aset yang nilainya lebih besar dari itu," ungkapnya kepada Republika belum lama ini.

Tujuh tahun berjalan, IFRAME Rental telah melayani lebih dari 35 ribu pelanggan. Selain itu, IFRAME Rental juga telah memiliki empat cabang. "Tapi satu cabang kami di Gamping saat ini kami jadikan panti asuhan Fastabiqul Khairat khusus untuk tahfiz atau hafalan Alquran," ungkap Fani, yang juga aktivis Pemuda Muhammadiyah ini.

Cabang IFRAME Rental pertama yakni berlokasi di Jalan Kranji, Gang Yudistira, Nglempong Lor, RT 7/RW 22, Sariharjo, Ngaglik, Sleman. Lokasi cabang kedua yakni di daerah Yogya selatan tepatnya di Jalan Parangtritis Nomor 192, Randubelang, Bangunharjo, Sewon, Bantul, 500 meter selatan Pom Bensin Jogokariyan.

"Di Juli 2019 kemarin kami buka di Jalan Kusumanegara No. 278, sekitar 500 meter timur Gembira Loka," terangnya. Uniknya, cabang keempat ini adalah kompetitor rental kamera yang diakuisisi yaitu DIY Kamera (diykamera.com).

"Tahun ini juga rencananya akan buka satu lagi cabang khusus untuk sewa laptop, printer, PC, proyektor, dan TV. Dan kami juga akan buka kursus fotografi dengan situs  KursusFotografiJogja.com," sambungnya.

Berbagai unit yang disewakan IFRAME Rental tergolong cukup lengkap. Sebut saja DSLR, lensa, laptop, proyektor, mirrorless, GoPro/Yi Cam, HT, Drone Aerial, handycam, camera video shooting, LED TV, laptop, mesin duplikator CD, clip on wireless, audio recorder, portable speaker, dan lainnya.

Fani menambahkan, kelengkapan dan kondisi barang yang disewakan pun terjamin komplet dan sehat. "Kami sewakan all in, komplit, kalau kamera komplet dengan memorinya, lensanya, baterainya juga," tuturnya.

Soal harga sewa yang ditawarkan, lanjut Fani, juga dijamin terjangkau. "Harga sewanya pas dan murah, sesuai kantong," ungkapnya. Customer pun bisa menilik daftar harga atau price list sewa di situs https://iframerental.com/harga-sewa-iframe-rental-jogja.

Tak hanya itu, kemudahan juga diberikan dalam menyewa kebutuhan multimedia ini. Kata Fani, syaratnya cukup dengan menggunakan KTP atau KTM saja. "Tidak perlu pakai BPKB kendaraan atau bahkan sepeda motor jadi jaminan. Cukup KTP atau KTM sudah bisa," tuturnya. "Garansi juga sudah pasti diberikan saat unit sewa bermasalah. Bisa dengan uang kembali atau tukar unit," ujarnya.

Pelayanan penyewaan pun juga ditangani dengan respons cepat. Fani tak ingin ada keterlambatan dalam merespons customer dan calon customer. "Semuanya harus stand by pegang HP, ke mana saja dibawa supaya bisa menjawab respons dengan cepat," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement