Senin 09 Mar 2020 08:39 WIB

Mesin Pemungutan Suara Venezuela Hancur Akibat Kebakaran

Kebakaran gudang mesin pemungutan suara berpotensi mempersulit pemilihan Venezuela.

Rep: Lintar Satria/ Red: Nur Aini
Ilustrasi krisis Venezuela.
Foto: Reuters
Ilustrasi krisis Venezuela.

REPUBLIKA.CO.ID, CARACAS -- Dewan pemilihan umum Venezuela mengatakan api menghancurkan sebagian besar mesin pemungutan suara yang diletakkan di gudang utama di Caracas. Insiden itu berpotensi mempersulit pemilihan parlemen yang dijadwalkan pada tahun ini.

Ketua dewan pemilihan umum Tibisay Lucena mengatakan sekitar 50 ribu mesin pemungutan suara dan hampir 600 komputer habis terbakar dalam kebakaran yang terjadi pada Sabtu (7/3) malam. Lucena mengatakan hanya sedikit yang bisa diselamatkan.

Baca Juga

"Jika ada sejumlah kecil (orang) yang berpikir akan mengakhiri proses pemilihan kami yang konstitusional, mereka salah," kata Lucena, Senin (9/3).

Ia tidak menjelaskan berapa banyak mesin pemungutan suara yang masih dapat digunakan atau dampak insiden ini terhadap pemilihan umum di masa mendatang. Lucena mengatakan ia sudah meminta jaksa untuk mencari tahu penyebab kebakaran yang tidak menyebabkan ada orang yang terluka.

Pemilihan umum di negara Amerika Latin itu mendapat hujan kritikan sejak Presiden Nicolas Maduro terpilih kembali pada pemilihan presiden tahun 2018. Oposisi menilai Maduro mencurangi pemilihan tersebut. Hal itu memicu banyak pemerintahan di seluruh dunia tidak akui pemerintahannya.

Pada 2017, perusahaan yang memproduksi mesin pemungutan suara Smartmatic berhenti beroperasi. Setelah referendum pembentukan lembaga parlemen super yang dikenal Constituent Assembly. Perusahaan tersebut mengatakan hasil pemilihan 2018 menggelembungkan 1 juta suara yang mendukung pemerintah.

Tahun ini, Venezuela akan menggelar pemilihan parlemen yang saat ini dikuasai oleh oposisi. Lawan-lawan politik Maduro mengatakan Venezuela harusnya menggelar pemilihan presiden.

Mereka juga belum mengatakan akan berpartisipasi dalam pemilihan legislatif tahun ini atau tidak. Hingga saat ini dewan pemilihan umum Venezuela belum menentukan tanggal pemungutan suara pemilihan tersebut.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement