Wednesday, 4 Syawwal 1441 / 27 May 2020

Wednesday, 4 Syawwal 1441 / 27 May 2020

BNPB Dukung Imbauan DMI Soal Pencegahan Corona di Masjid

Ahad 08 Mar 2020 10:23 WIB

Rep: Rr Laeny Sulistyawati/ Red: Muhammad Hafil

BNPB Dukung Imbauan DMI Soal Pencegahan Corona di Masjid. Foto: Lawan Corona

BNPB Dukung Imbauan DMI Soal Pencegahan Corona di Masjid. Foto: Lawan Corona

Foto: republika
Umat Islam yang ke masjid diharap membawa sajadah sendiri.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo menghimbau kepada umat Muslim agar membawa sajadah atau alas untuk sujud lainnya secara mandiri ketika hendak melakukan salat sebagaimana yang juga dianjurkan oleh Dewan Masjid Indonesia. Hal itu bertujuan untuk menghindari adanya potensi penularan virus Corona (Covid-19), kuman atau bakteri jahat lain yang dapat merugikan tubuh saat melakukan shalat, terutama pada saat sujud.

Baca Juga

Menurut Doni, ada potensi terjadi penularan dari tempat sujud umat muslim ketika melakukan ibadah, khususnya apabila hal itu di masjid di tempat-tempat umum. Oleh karena itu, Doni meminta agar umat muslim selalu membawa perlengkapan shalat secara mandiri dan tidak perlu khawatir.

“Kita semua tahu, saat sujud mulut dan hidung kita bersentuhan dengan tempat sujud dan kalau ada orang kena penyakit, virusnya nempel. Satu jam kemudian ada yang shalat di tempat yang sama bisa menular,” kata Doni seperti dalam keterangan tertulis yang diterima Republika.co.id, Ahad (8/3).

Selain itu, dia menambahkan, untuk lebih meningkatkan kenyamanan dan keamanan saat beribadah di masjid atau musala yang berada di tempat umum, petugas dewan masjid bersama takmir masjid juga diimbau untuk selalu melakukan sanitasi siaga. Beberapa upayanya diantaranya menjaga kebersihan lantai masjid/mushala dengan cairan disinfektan. Kedua, menjaga kebersihan karpet dan alas salat secara rutin/konstan menggunakan alat pembersih lain sangat dianjurkan. Ketiga, meminta jamaah yang sedang batuk, demam dan mengalami gejala seperti flu agar beribadah di rumah hingga sembuh. Keempat menjaga kebersihan tempat wudhu dan toilet dengan cairan disinfektan.

"Kelima ikut mengawasi penyebaran/penularan virus Covid-19 dan tanggap dengan melaporkan apabila ada masyarakat yang dicurigai terdampak di lingkungan masjid/musala," ujarnya.

Selain lima poin tentang menjaga kebersihan ditambah menggunakan peralatan salat secara mandiri, ia menambahkan hal terpenting lain yang juga harus diketahui agar terhindar dari penularan virus covid-19 adalah dengan menjaga imunitas tubuh dan menerapkan pola hidup sehat.

“Imun tubuh yang dijaga dengan baik melalui kegiatan olahraga, makan makanan bergizi, istirahat yang cukup, menghindari stres dan pikiran tenang menjadi modal kuat untuk memerangi virus Corona dan penyakit lain,” katanya.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA