Sabtu 07 Mar 2020 17:47 WIB

Strategi SDIT Assa-adah Dongkrak Kompetensi Guru Matematika

SDIT Assa'adah menggandeng Klinik Pendidikan MIPA menggelar pelatihan matematika.

SDIT Assa’adah Kalisari, Jakarta Timur menggandeng Klinik Pendidikan MIPA (KPM) menggelar pelatihan Pelatihan Matematika Nalaria Realistik (MNR).
Foto: Dokumentasi SDIT Assa’adah Kalisari.
SDIT Assa’adah Kalisari, Jakarta Timur menggandeng Klinik Pendidikan MIPA (KPM) menggelar pelatihan Pelatihan Matematika Nalaria Realistik (MNR).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Matematika disebut sebagai salah satu pelajaran yang sulit bagi banyak orang. Guna mengatasi fenomena menakutnyaknya ilmu eksak yang sudah ditemukan sejak 3.000 SM ini SDIT Assa’adah Kalisari, Jakarta Timur menggandeng Klinik Pendidikan MIPA (KPM) menggelar pelatihan Pelatihan Matematika Nalaria Realistik (MNR), guna mengangkat matematika dari sudut pandang berbeda.

Wakil Kepala Sekolah SDIT Assa’adah, Hendra Winata Kusuma mengatakan paradigma akan kesukaran matematika bisa menghambat proses pembelajaran. “Tugas utama seorang guru matematika adalah menggali potensi siswa yang belum memahami matematika. Setelah itu, menunjukan cara yang benar potret belajar matematika sebagai sebuah permainan yang menyenangkan," katanya.

Pelatihan yang digelar pada 15 dan 29 Februari 2020 itu dihadiri oleh 30 peserta guru internal. Tim Pelatih KPM memberikan inovasi dalam metode pembelajaran matematika, seperti masalah nyata, pemahaman konsep, penalaran dan komunikasi, serta permainan matematika.

Hendra menambahkan antusias belajar MNR bukan hanya datang dari kalangan guru saja, tetapi seluruh perwakilan divisi pun turut meramaikan pelatihan tersebut. “Hal ini membuktikan bahwa MNR tak hanya dinantikan kalangan guru dan siswa saja, tetapi profesi lain pun dapat mempelajari MNR,” kata Hendra. Ia berharap melalui pelatihan MNR para guru akan mendapatkan wawasan dan bekal untuk meningkatkan kompetensi mereka dalam mengelola pembelajaran matematika.

Komitmen KPM dalam meningkatkan kompetensi guru bukan saja menjadi narasumber pada pelatihan di berbagai lembaga pendidikan, KPM juga menyertakan akses pembelajaran bagi para guru melalui pelatihan intensif selama 4 hari 3 malam di Kantor Klinik pendidikan MIPA (KPM).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement