Sabtu 07 Mar 2020 09:45 WIB

F1 Cabut Larangan Pembatasan Variasi Desain Helm Pembalap

Peraturan pembatasan helm sebelumnya diperkenalkan pada 2015.

Balapan F1
Foto: EPA-EFE/Zurab Kurtsikidze
Balapan F1

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Otoritas F1 (FIA) telah mencabut peraturan yang membatasi variasi desain helm yang digunakan pembalap dalam satu musim. Dilansir Reuters, Sabtu (7/3), FIA menyatakan, Dewan Motorsport Dunia telah bertemu di Jenewa, Swiss, dan setuju perubahan regulasi tahun 2020 untuk mengizinkan variasi tak terbatas bagi desain helm pembalap di antara balapan.

Peraturan pembatasan sebelumnya diperkenalkan pada 2015, yang bertujuan membantu para fan mengenali pembalap di trek, dengan mengatur bahwa helm harus ditampilkan dengan livery yang sama di setiap balapan.

Para pembalap diizinkan memilih satu balapan yang diinginkan untuk pengecualian. Perubahan desain helm juga diizinkan jika pembalap pindah ke tim lain di dalam satu musim waktu itu.

Peraturan tersebut mengundang kritik dari para pembalap, yang tak bisa menampilkan desain khusus helm untuk menandai satu peristiwa tertentu jika telah mengadakan perubahan desain di awal musim.

Penggunaan halo yang terpasang di sekitar kokpit mobil sebagai pelindung kepala juga cukup membuat helm tak kentara sehingga sulit mengenali siapa pembalap yang berada di balik kemudi. Seri pembuka F1 2020 akan digelar di Melbourne, Australia, pada 15 Maret nanti.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement