Jumat 06 Mar 2020 23:44 WIB

Ribuan Pelajar Muslim Ikuti Taaruf Sambut MTQ X Mimika

MTQ X Mimika merupakan wujud menumbuhkan kecintaan terhadap Alquran.

MTQ X Mimika merupakan wujud menumbuhkan kecintaan terhadap Alquran.Ilustrasi Alquran
Foto: Mgrol100
MTQ X Mimika merupakan wujud menumbuhkan kecintaan terhadap Alquran.Ilustrasi Alquran

REPUBLIKA.CO.ID, TIMIKA— Ribuan pelajar dari berbagai lembaga pendidikan Islam, taman pendidikan Alquran (TPA) dan masjid-masjid di Kota Timika dan sekitarnya memeriahkan pawai taaruf dalam rangka menyambut kegiatan lomba Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) X tingkat Kabupaten Mimika, Jumat (6/3).

Kegiatan pawai taaruf yang dilepas Wakil Bupati Mimika, Johannes Rettob, bertempat di Lapangan Pasar Lama Timika itu menyusuri jalan-jalan utama di Kota Timika dimulai dari Jalan Yos Sudarso, Jalan Pendidikan, Jalan Budi Utomo, Jalan Belibis, Jalan Ki Hajar Dewantoro dan berakhir di halaman Masjid Agung Babussalam Timika.

Baca Juga

Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur'an (LPTQ) Kabupaten Mimika, Haji Dwi Cholifa, menjelaskan  MTQ akan berlangsung selama dua hari mulai Sabtu (7/3) hingga Ahad (8/3) untuk mencari peserta terbaik yang akan mewakili Mimika mengikuti ajang lomba MTQ tingkat Provinsi Papua di Jayapura pada 4 hingga 6 April 2020.

"Pemenang lomba MTQ tingkat Kabupaten Mimika akan kami bina lagi selama kurang lebih tiga pekan oleh pelatih yang akan kami datangkan dari tingkat nasional sebelum diberangkatkan ke Jayapura untuk mengikuti lomba MTQ tingkat Provinsi Papua. Kami sangat mengapresiasi dengan besarnya dukungan dan partisipasi seluruh kafilah yang mewakili sekolah-sekolah, TPA-TPA, Majelis Taklim dan masjid-masjid yang ada di Kota Timika dan sekitarnya," jelas Dwi.

Dwi yang juga menjabat Kepala Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Mimika itu menyebut terdapat lima cabang yang dilombakan dalam ajang lomba MTQ Mimika itu yakni cabang tilawah yakni lomba mengaji dan membaca ayat suci Alquran (ada beberapa kelompok umur putra-putri dan tingkat dewasa), cabang syarhi Alquran yakni puitisasi Alquran, cabang fahmi Alquran yakni cerdas cermat isi kandungan Alquran serta cabang kaligrafi.

Menurut dia, keterlibatan sekolah-sekolah, TPA dan masjid-masjid di Timika dalam mengikuti ajang lomba MTQ kali ini sangat luar biasa. Panitia mencatat lebih dari 100 kafilah yang akan berlomba, meskipun telah dilakukan seleksi tahap pendahuluan. Dwi mengatakan, dengan melihat antusiasme yang sangat tinggi dari anak-anak dan remaja di Timika, kami sangat optimistis ke depan akan semakin banyak lahir bibit-bibit potensial yang bagus dari Timika dalam bidang MTQ.

Kegiatan pawai taaruf ini juga sekaligus sebagai bentuk konsolidasi seluruh umat Muslim di Mimika untuk mendukung penuh penyelenggaraan Pesta Paduan Suara Gerejawi (Pesparawi) XIII Tanah Papua dan PON XX Papua dimana Timika menjadi tuan rumah.  

Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Mimika Ustadz, Amin AR, menyambut positif kegiatan pawai taaruf dalam rangka menyambut kegiatan lomba MTQ sebagai ajang silaturahim antarkalifah. Kegiatan lomba MTQ tingkat kabupaten Mimika tersebut akan dipusatkan di kompleks Masjid Agung Babussalam Timika.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement