Jumat 06 Mar 2020 16:51 WIB

Mick Jagger Kembali Berakting

Mick Jagger terakhir kali berakting 20 tahun lalu.

Rep: Farah Noersativa/ Red: Reiny Dwinanda
Vokalis Rolling Stones, Mick Jagger, kembali berakting setelah 20 tahun berlalu.
Foto: Reuters
Vokalis Rolling Stones, Mick Jagger, kembali berakting setelah 20 tahun berlalu.

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK -- Musisi yang juga pemain film, Mick Jagger, mungkin telah lama meninggalkan dunia akting. Sudah hampir 20 tahun, tepatnya. Namun, hal itu tak membuatnya tak percaya diri untuk kembali berakting.

Dilansir laman AP, Jumat (6/3), Jagger kembali berakting dalam film baru bertajuk The Burnt Orange Heresy yang akan dirilis oleh Sony Pictures Classics. Lawan mainnya adalah Claes Bang dan Elizabeth Debicki.

Baca Juga

Jagger berperan sebagai seorang kolektor seni jahat yang dengan cerdik meyakinkan seorang jurnalis seni (Bang) untuk menggunakan wawancara langka dengan artis yang tertutup (Donald Sutherland) sebagai kesempatan untuk mencuri salah satu lukisannya. Ini film pertama Jagger sejak tahun The Man From Elysian Fields (2001). Kabarnya, itu kemungkinan akan menjadi filmnya yang terakhir.

"Saya berharap saya telah melakukan lebih banyak akting. Saya baru saja melakukan sedikit demi sedikit di sana-sini kapan pun saya bisa. Kamu tahu, aku punya pekerjaan lain. Saya punya beberapa pekerjaan lain, sungguh,” kata Jagger terkekeh dalam sebuah wawancara melalui telepon.

Karier akting pria berusia 76 tahun itu terbilang gemilang dalam berakting di film. Dia lebih menyukai pembuat film eksperimental dan bekerja dengan Jean-Luc Godard, Nicolas Roeg dan Werner Herzog.

Sebagai aktor, dia tidak mengecewakan. Bahkan, pertunjukan layar besarnya itu akan selalu kalah oleh tontonan yang berkilau dari persona panggung kinetiknya.

“Saya selalu menyukai gagasan itu. Saya menikmati perubahan kecepatan dan fokus kinerja. Ketika saya tampil hari ini, sebagian besar di tempat-tempat yang sangat besar di depan banyak orang, sedangkan ketika saya berada di set kecil, saya melakukan jauh lebih halus dan tidak gerakan yang rumit seperti itu. Saya harus benar-benar menurunkannya,” ujar Jagger, berbicara melalui telepon dari Perancis, mengatakan tentang akting.

Tak seperti pengalaman sebelumnya di film Fitzcarraldo (1982) yang bentrok dengan jadwal tur Rolling Stones dan membuat bagiannya dipotong, waktu dan naskah film The Burnt Orange Heresy terbilang telah tertata rapi. Film ini disutradarai oleh pembuat film Italia Giuseppe Capotondi. Dia membuktikan bakatnya untuk menyulap suasana intrik dan misteri yang gaduh.

The Burnt Orange Heresy dibuat berdasarkan novel Charles B Willeford (1971). Film ini merupakan jenis film yang elegan dan penuh gaya yang jarang dibuat lagi, dengan aktor glamor dalam suasana glamor Danau Como di Italia.

Ketika Capotondi pertama kali bertemu Jagger di London untuk membahas bagian itu, ia dikejutkan oleh kerendahan hati bintang rock itu. "Dia berkata, "Dengar, aku belum melakukan ini dalam 20 tahun. Saya mungkin sudah karatan"," kenang Capotondi.

Jagger menemukan cara untuk membentuk karakter. Hal itu dilakukannya dengan mengubah gaya rambutnya yang disandarkan dan aksen Chelsea yang sedikit mengancam dari tahun 1960-an.

“Bermain karakter jahat adalah sesuatu yang bisa menarik sebagian besar aktor. Ini karakter seperti ular. Mengingat diskografi Rolling Stones, saya pikir itu cukup pas,” kata Capotondi.

Jagger kurang yakin tentang hubungan antara The Burnt Orange Heresy dan single klasik band 1968. Lagu itu yang sebagian terinspirasi oleh novel Rusia kesayangan Mikhail Bulgakov tentang Beelzebub pada 1930-an Moskow, The Master and Margarita, dan sebuah puisi Baudelaire.

"Itu dalam genggaman saya untuk memerankan karakter ini. Saya pikir itu akan menyenangkan untuk dilakukan. Dia pada dasarnya memikat dan mengancamnya untuk melakukan apa yang dia inginkan. Ini tidak banyak waktu layar, tapi dia orang yang memulai aksi,” kata Jagger.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement