Jumat 06 Mar 2020 11:29 WIB

12 Kematian Akibat Corona Tercatat di AS

Kongres menyetujui menggelontorkan dana 8 miliar dolar AS untuk memerangi wabah.di AS

Rep: Fergi Nadira/ Red: Dwi Murdaningsih
Model tiga dimensi dari partikel virus SARS-CoV-2 virus atau dikenal sebagai 2019-nCoV. Virus tersebut adalah penyebab Covid-19 atau virus corona jenis baru.
Foto: EPA-EFE/NATIONAL INSTITUTES OF HEALTH
Model tiga dimensi dari partikel virus SARS-CoV-2 virus atau dikenal sebagai 2019-nCoV. Virus tersebut adalah penyebab Covid-19 atau virus corona jenis baru.

REPUBLIKA.CO.ID,

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON - Wabah virus korona jenis baru yang menyebabkan penyakit Covid-19 semakin menyebar di wilayah-wilayah Amerika Serikat (AS). Pada Kamis (5/3) waktu setempat virus muncul di setidaknya empat negara bagian, sehingga membuat Kongres menyetujui menggelontorkan dana 8 miliar dolar AS untuk memerangi wabah.

Baca Juga

Jumlah kematian akibat virus pun meningkat dari sebelumnya dilaporkan sembilan, kini menjadi 12, Kamis (5/3) waktu setempat. Kematian baru tercatat di King County, Washington. Sementara setidaknya 57 kasus baru dikonfirmasi untuk pertama kalinya di Colorado, Maryland, Tennessee, Texas, hingga San Francisco.

Di King County, Washington 20 kasus baru dikonfirmasi, sehingga membawa total kasus di Washington saja sebannyak 51, dan 11 meninggal. Satu orang meninggal terekam berada di Kalifornia.

"Ini adalah momen krisis dari meluasnya Covid-19 di King County," ujar otoritas kesehatan King County dalam sebuah pernyataan.

"Seluruh penduduk King County harus mengikuti rekomendasi kesehatan masyarakat. Bersama-sama, kita menghilangakan potensi persebaran penyakit di komunitas kita," ujar pernyataan tersebut menambahkan.

Banyak kasus di Wasington terkait dengan fasilitas perawatan di Seattle Kirkland, termasuk enam kematian. Sementara itu, Gubernur New York Andrew Cuomo mengatakan jumlah kasus di negara bagiannya tercatat dua kali lipat menjadi 22 setelah pemerintah federal menyetujui penggunaan laboratorium tambahan, yang meningkatkan kapasitas pengujian. Cuomo mengatakan bahwa total kemungkinan akan terus naik.

Dari kasus-kasus baru di New York, delapan terkait dengan seorang pengacara Manhattan yang tinggal di pinggiran kota Westchester County, utara kota, dan yang sebelumnya didiagnosis dengan virus. Dua di New York City dan satu di Long Island, di Nassau County.

Untuk menekan angka penularan, para pejabat daerah di AS telah mengimbau warga tak menghadiri pertemuan yang melibatkan lebih dari 10 orang. Mereka mendesak warga yang sakit dan lansia untuk tinggal di rumah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement