Kamis 05 Mar 2020 17:12 WIB

Tak Ada Hand Sanitizer, Ini Tips Dompet Dhuafa

Hal sederhana dan murah seperti cuci tangan dengan sabun adalah jawabannya.

Dompet Dhuafa membagi tips bagi yang tak mendapat hand sanitizer. Foto ilustrasi mencuci tangan dengan hand sanitizer.
Foto: Republika/Abdan Syakura
Dompet Dhuafa membagi tips bagi yang tak mendapat hand sanitizer. Foto ilustrasi mencuci tangan dengan hand sanitizer.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Virus corona atau Covid-19 berhasil membuat warga Indonesia resah. Dua benda yang paling pertama habis adalah masker dan hand sanitizer. Dr. Yenny Purnamasari, GM Kesehatan Dompet Dhuafa membagikan tips agar tetap sehat, sekalipun tanpa sanitizer.

Agar aman dan nyaman menghadapi virus corona. Pertama, ia menjelaskan bagaimana sebuah virus seperti corona bisa menular. Yaitu melalui dua sarana, salah satunya ialah kontak erat. “Karena salah satu penularanya melalui kontak erat, virus tersebut bisa masuk melalui mukosa. Mukosa sel selaput yang ada di hidung, mulut, dan ada di mata. Ada berita yang menyiarkan kalau corona bisa menular lewat mata, yang dimaksud bukan dengan tatapan mata, tapi mukosa mata,” terangnya.

Baca Juga

Virus bisa masuk bila tangan kita secara tidak sengaja mengucek mata dalam kondisi tidak steril. Sehingga virus mendapat ruang untuk masuk lewat mukosa mata. Lebih lanjut ia menjelaskan virus bisa mati dalam beberapa kondisi, salah satunya dengan cairan disinfektan yang mengandung akohol, seperti handsanitizer.

“Virus sepeti corona akan mati bila terkena matahari, terkena suhu tinggi ataupun terkena cairan disinfektan yang mengandung alkohol seperti hand sanitizer,” jelasnya.

 

Hal inilah yang membuat masyarakat panik dan memborong hand sanitizer dari toko-toko. Sehingga keberadaannya jadi langka. Namun, dr. Yenny menjelaskan bahwa tidak hanya hand sanitizer yang menjadi solusi melepas virus dari tangan. Hal sederhana dan murah seperti cuci tangan dengan sabun adalah jawabannya.

“Sebenarnya kita tak perlu khawatir dengan kelangkaan hand sanitizer. Karena bukan masalah hand sanitizernya, melainkan perilikau cuci tangannya lah yang menjadi intinya,” terangnya dikutip dari laman Dompet Dhuafa, Kamis (5/3).

Ia melanjutkan bahwa dengan cuci tangan sama saja kosepnya dengan penggunaan hand sanitizer. Dengan cuci tangan yang bersih dan benar, kuman, bakteri, serta virus yang ada di tangan tidak akan masuk tubuh. Tentu dengan metode cuci tangan yang benar. Ia menganjurkan untuk mencuci tangan lima waktu.

“Dianjurkan agar mencuci tangan lima waktu, yaitu sebelum makan, sesudah makan, setelah beraktivitas, setelah buang air besar, dan setelah menyusui. Kalau kita cuci tangan dengan bersih, maka bakteri, kuman dan virus yang ada di tangan kita akan larut dengan sendirinya,” tukasnya.

Namun, bagi masyarakat yang masih bingung maupun membutuhkan banyak informasi mengenai Covid-19 atau Corona, Dompet Dhuafa Layanan Call Center. Masyarakat dapat menghubungi layanan call center Dompet Dhuafa dalam Aksi Peduli Corona di nomor 0811 1617 101.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement