Kamis 05 Mar 2020 17:00 WIB

Ridwan Kamil: Jaga Wudhu, Insya Allah itu Preventif Corona

Gubernur Jabar Ridwan Kamil meminta MUI Jabar teruskan imbauan MUI Pusat.

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Bayu Hermawan
Gubernur Jabar Ridwan Kamil
Foto: Arie Lukihardianti/Republika
Gubernur Jabar Ridwan Kamil

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Gubernur Jawa Barat (Jabar), Ridwan Kamil meminta MUI Jabar meneruskan imbauan MUI Pusat ke semua kabupaten/kota terkait corona. Yakni, agar dalam berceramah mengingatkan masyarakta untuk menjaga kesehatan dan meningkatkan kesehatan. Karena, virus tidak akan masuk ke orang-orang yang badannya fit.

"Dalam syariat islam disyariatkan banyak berwudhu. WHO kan menyarankan kita cuci tangan, kalau kita jaga wudhu, insya allah itu preventif corona," ujar Ridwan Kamil yang akrab disapa Emil kepada wartawan, Kamis (5/3).

Baca Juga

Emil menjelaskan, imbauan kedua, agar ulama di Jabar menyampaikan pada masyarakat agar di akhir shalat fardhu membacakan qunut nazilah. Itu, adalah doa untuk menjauhkan kita dari penyakit atau malapetaka.

"Saya harap ketua MUI Jabar menyampaikan ke seluruh ulama-ulama agar masyarakat mempercayakan masalah virus kepada pemerintah. Karena pemerintah punya standar, Jabar punya pusat koordinasi dan informasi di Gedung Sate. Saya harap masyarakat kalau ada (kasus corona) bilang ada tapi kalau tidak bilang tidak. Jangan sampai terkena hoaks. Ini dukungan lahir batin," katanya.

Saat ditanya tentang kesiapan alat di Rumah Sakit untuk menerima pasien corona, Emil mengatakan, saat ini ia sedang menginventarisir. Namun, secara umum ada 6 Rumah Sakit yang mendapatkan tugas menangani pasien korona dari sekian ratus secara nasional. Yakni, ada di Garut, Cirebon, Rotinsulu dan lainnya yang sudah siap.

"Tapi yang lainnya diinventarisasi, kita akan tambahi jika situasi terbaca," ucapnya.

Terkait sanksi bagi Wali Kota Depok yang membuka identitas pasien corona, Emil berharap semua harus memaklumi karena tidak ada niat buruk. Namun, semua sedang panik dan belajar menghadapi situasi ini.

"Masing-masing dengan pengetahuan terbatas, menyampaikan sesuatu yang tidak perlu disampaikan. Semua lagi belajar lah, jadi kita jaga, mudah-mudahan semua sehat," katanya.

Senada dengan Emil, Ketua MUI Jabar, Rachmat Syafei mengatakan, Wudhu bisa menangkal virus corona. Karena, dengan menjaga wudhu semua bisa menjaga kebersihan. Oleh karena itu, ia akan mengimbau pada semua umat islam di Jabar agar menjaga wudhu sempurna agar tubuh bersih, penyakita hilang dan dosa-dosa akan hilang.

"Himbauan dari MUI pusat, kita jangan saling menyalahakan tapi saling membantu," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement