Kamis 05 Mar 2020 14:22 WIB

Bersandar di Semarang, Kapal Pesiar Viking Sun Dijaga Ketat

Kapal Pesiar Viking Sun dijaga ketat di Pelabuhan Tanjung Emas, Kota Semarang.

Kapal Pesiar Viking Sun dijaga ketat di Pelabuhan Tanjung Emas, Kota Semarang (Foto: ilustrasi kapal pesiar)
Foto: AP/Jae C Hong
Kapal Pesiar Viking Sun dijaga ketat di Pelabuhan Tanjung Emas, Kota Semarang (Foto: ilustrasi kapal pesiar)

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG -- Kapal Pesiar Viking Sun dijaga ketat di Pelabuhan Tanjung Emas, Kota Semarang. Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, melarang kapal bersandar hingga dipastikan tidak ada penumpang yang terinfeksi COVID-19 berdasarkan pemeriksaan medis.

"Kalau ada yang suspect corona, jelas kapal tidak boleh merapat, seluruh penumpang harus dikarantina selama 14 hari sesuai SOP kita. Kalau tidak mau, silakan berlayar pulang ke tempat asal," kata Ganjar usai meninjau Gedung Balai Kesehatan Masyarakat di Tegal, Kamis (5/3).

Baca Juga

Ganjar menyebutkan, saat ini petugas medis melalui Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) sedang melakukan pengecekan kesehatan. Pengecekan tidak hanya dilakukan terhadap penumpang kapal pesiar yang mengangkut ribuan wisatawan itu tetapi juga seluruh awak kapal.

"Sudah dicek, KKP sudah bekerja dan mudah-mudahan hari ini ada hasilnya. Saya minta hasil pengecekan segera diserahkan kepada Wali Kota Semarang agar dirapatkan dan segera diambil keputusan," ujarnya.

Menurut Ganjar, pengecekan kesehatan terhadap penumpang Kapal Pesiar Viking Sun merupakan protokol keamanan di Jawa Tengah. Pihaknya meminta seluruh masyarakat hati-hati, tapi tidak boleh paranoid dan ketakutan.

"Kalau hasil pengecekan menyatakan semua wisatawan di kapal pesiar itu sehat, maka Pemkot Semarang saya minta agar mereka 'diguide' dengan baik mau piknik ke mana, kalau mereka sehat, maka saya ingin agar pariwisata bisa tetap dikelola, nggak usah takut," katanya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Kapal Pesiar Viking Sun yang membawa 1.600 wisatawan hendak merapat ke Pelabuhan Tanjung Emas Kota Semarang. Hingga saat ini, kapal pesiar berbendera Norwegia itu belum merapat karena masih dalam pemantauan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP). Kapal Pesiar Viking Sun diketahui berlayar dari Darwin, Australia, kemudian menuju ke Labuan Bajo, setelah itu kapal menuju Kota Semarang.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement