Kamis 05 Mar 2020 09:37 WIB

Guardiola Ungkap Strategi Kemenangan Atas Sheffield

Dari segi statistik, Manchester City jauh mendominasi pertandingan.

Rep: Muhammad Ikhwanuddin/ Red: Endro Yuwanto
Pelatih Manchester City Pep Guardiola
Foto: AP/Rui Vieira
Pelatih Manchester City Pep Guardiola

REPUBLIKA.CO.ID, SHEFFIELD -- Pelatih Manchester City, Pep Guardiola, mengungkapkan strategi yang digunakannya dalam kemenangan 1-0 timnya atas Sheffield Wednesday pada putaran kelima Piala FA, Kamis (5/3). Gol semata wayang Sergio Aguero di menit ke-52 membawa the Citizens melangkah ke babak perempat final Piala FA.

Meski menang, City harus susah payah menundukkan tuan rumah yang tampil solid. Hal itu pun diakui Guardiola.

Baca Juga

Guardiola mengatakan, harus mengganti strategi untuk mencetak gol ke gawang lawan. Karena di babak pertama, City beberapa kali mencatat peluang emas termasuk sundulan Nicolas Otamendi yang membentur mistar gawang.

"Kami mengoreksi beberapa hal. Saya katakan pada mereka untuk menghindari tendangan bebas, tendangan pojok dari lawan, dan mencoba mencuri bola. Lalu, pemain tidak boleh membiarkan lawan berlari dan mendapatkan kesempatan," kata Guardiola dalam laman Manchester Evening News.

Hal itu pun terbukti efektif ketika Aguero mencetak gol di awal babak kedua. Dari segi statistik, City pun jauh mendominasi pertandingan dengan 20 berbanding satu peluang dengan lawan. Dalam penguasaan bola, City juga mencatat 80 persen sepanjang pertandingan. "Itu artinya kami bisa membaca permainan dan seharusnya bisa mencetak gol lebih banyak," ucapnya.

Di babak perempat final, City akan bertemu dengan Newcastle United. Jika berhasil juara Piala FA, maka City akan mengawinkan dua gelar bersama trofi Carabao Cup.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement