Sunday, 10 Jumadil Awwal 1444 / 04 December 2022

Pemerintah Susun Protokol Penanganan Corona

Rabu 04 Mar 2020 16:34 WIB

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Teguh Firmansyah

Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko

Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko

Foto: Antara/Sigid Kurniawan
Protokol disusun sesuai dengan instruksi Presiden Joko Widodo.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah telah menyusun protokol penanganan kasus penyebaran virus Corona atau COVID-19. Protokol ini kemudian akan dijalankan oleh sejumlah kementerian.

"Protokol ini harus disebar," kata Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko dikutip dari siaran resmi, Rabu (4/3).

Baca Juga

Protokol penanganan Corona ini disusun sesuai dengan instruksi Presiden Joko Widodo. "Ini merupakan instruksi presiden. Kita serius, kita siap dan kita mampu tangani COVID-19," kata Moeldoko.

Pelaksanaan protokol penanganan Corona dilakukan melalui beberapa langkah. Pertama, penyusunan protokol penanganan kasus COVID-19 dari Orang Dalam Pemantauan (ODP) hingga sehat kembali.

Kemudian membentuk protokol penanganan orang-orang yang masuk dari luar negeri di beberapa pintu perbatasan. Presiden menyebut ada sebanyak 135 pintu masuk di wilayah perbatasan.

Ketiga menyusun protokol komunikasi oleh Kementerian Dalam Negeri (Mendagri) dan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Menkominfo).

Terakhir, pembentukan protokol pendidikan, baik itu dilakukan oleh Kementerian Agama (Kemenag) atau Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (kemendikbud). Misalnya, melalui akses atau jaringan pesantren-pesantren dan sebagainya.

Selain itu, Direktoral Jenderal (Dirjen) Bea Cukai juga perlu menjelaskan kelangkaan bahan baku impor masker. "Ini yang harus kita atur, jangan sampai berbeda ucapan dari gubernur atau wali kota," ucap dia.

Rakor ini dihadiri beberapa menteri di antaranya Menkominfo Jhonny G Plate, Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Saadi, Dirjen P2P Kementerian Kesehatan Dr. Anung Sugihantono, dan Koordinator Staf Khusus Presiden Ary Dwipayana.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA