Rabu 04 Mar 2020 12:14 WIB

Puan Dorong Pemerintah Bentuk Tim Penanggulangan Virus Corona

Puan ingin pemerintah melakukan penanganan wabah virus korona secara terpusat agar terkoordinasi, terpadu, dan terintegrasi.

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Ratna Puspita
Ketua DPR Puan Maharani
Foto: Republika/Nawir Arsyad Akbar
Ketua DPR Puan Maharani

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua DPR Puan Maharani mendorong agar Pemerintah RI segera melakukan penanganan wabah virus korona secara terpusat agar terkoordinasi, terpadu, dan terintegrasi. Salah satu upaya yang dilakukan yaitu dengan membentuk Tim penanggulangan wabah corona.

"Adanya tim penanggulangan wabah secara nasional ini penting untuk menjamin kehadiran negara dalam penanggulangan penyebaran virus korona sehingga meyakinkan seluruh masyarakat bahwa Indonesia selalu waspada, siaga, dan serius dalam menangani virus korona. Tim ini bekerja 24 jam nonstop, tujuh hari dalam sepekan," kata Puan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, dalam keterangan tertulisnya, Rabu (4/3).

Baca Juga

Puan mengatakan, penyelenggaraan penanggulangan wabah tersebut dapat diserahkan kepada BNPB atau kelembagaan lain yang efektif sesuai aturan perundang-undangan. Nantinya, tim penanggulangan virus korona tersebut mengkoordinasikan langkah-langkah pencegahan dan penanggulangan secara nasional untuk memastikan protokol pencegahan dan penanggulangan berjalan sesuai prosedur operasional standar  penanganan epidemi Covid-19.

Selain itu, Puan juga meminta agar pemerintah segera mengambil tindakan proaktif dalam rangka pencegahan dan penindakan dengan mendatangi warga, komunitas atau kelompok-kelompok yang rentan terpapar virus korona dengan melakukan tes medis. Pemerintah perlu melakukan sosialisasi, komunikasi dan edukasi yang efektif kepada rakyat terkait kesiapannya menghadapi dampak virus korona.

"Termasuk kesiapan stok pangan dan bahan pokok lain sehingga tidak menimbulkan kepanikan di masyarakat," ujarnya.

Kemudian ia juga mengimbau agar pemerintah mengambil langkah-langkah transparan dengan terus memperbarui informasi tentang kasus, tindakan penanganan serta sosialisasi tentang pencegahan menggunakan seluruh platform media agar masyarakat tidak termakan kabar hoax tentang kasus korona. Puan juga berpesan agar pemerintah juga harus melindungi identitas pasien virus korona.

"DPR selalu mendukung langkah-langkah pemerintah dalam pencegahan dan penanggulangan wabah virus korona," tuturnya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement