Rabu 04 Mar 2020 11:11 WIB

Pembangunan Bandara Internasional Yogyakarta Capai 94 Persen

Bandara Internasional Yogyakarta dapat beroperasi penuh pada 29 Maret 2020

Rep: Antara/ Red: Christiyaningsih
Bandara Yogyakarta International Airport (YIA) dapat beroperasi penuh pada 29 Maret 2020.
Foto: Yusuf Assidiq.
Bandara Yogyakarta International Airport (YIA) dapat beroperasi penuh pada 29 Maret 2020.

REPUBLIKA.CO.ID, KULON PROGO - Pembangunan Bandara Internasional Yogyakarta di Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, mencapai 94 persen hingga awal Maret ini. Dengan demikian bandara dapat beroperasi penuh pada 29 Maret 2020.

Project Manager Pembangunan YIA PT Angkasa Pura I, Taochid Purnama Hadi mengatakan sisi proyek yang belum selesai yakni penyempurnaan terminal domestik dan internasional. "Saat ini kami mengejar migrasinya terminal internasional yang sebelumnya digunakan untuk terminal minimum operasi," kata Taochid, Rabu (4/3).

Baca Juga

Ia mengatakan pembangunan gedung lain semua airside, infrastruktur jalan layang, serta gedung parkir sudah selesai dan dapat digunakan. Taochid mengatakan proyek seluruhnya ditargetkan selesai pada 14 Maret. Setelah itu akan dilakukan verifikasi oleh Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan. Hasilnya akan ditindaklanjuti PT AP I sampai 28 Maret.

Pada Sabtu (28/3) malam, pesawat yang biasanya tidur di Bandara Adisutjipto Yogyakarta sudah harus tidur di Bandara Internasional Yogyakarta. Pada Ahad 29 Maret pagi, pesawat-pesawat yang harus terbang pagi berangkat dari Bandara Internasional Yogyakarta.

 

Taochid mengatakan jumlah penerbangan ada 80 penerbangan atau 160 pergerakan pendaratan dan penerbangan (take off and landing) setiap harinya. Penerbangan internasional masih sama seperti yang ada di Bandara Adisutjipto Yogyakarta yakni Silk Air dan Air Asia. "Operasional diharapkan sesuai yang direncanakan," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement