Selasa 03 Mar 2020 11:02 WIB

Alumni Yarsi Cari Solusi Tangani Stunting

Berdasarkan data Riset kesehatan dasar (Riskesdas) 2019, angka stunting di Indonesia mencapai 30,8 persen,

PERSALUNY FK YARSI mengadakan sarasehan, mencari solusi penanggulangan stunting, Sabtu (29/2).
Foto: Istimewa
PERSALUNY FK YARSI mengadakan sarasehan, mencari solusi penanggulangan stunting, Sabtu (29/2).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PERSALUNY FK YARSI mengadakan sarasehan, mencari solusi penanggulangan stunting, Sabtu (29/2). Hadir pada acara, alumni Fakultas Kedokteran Universitas YARSI,  Kementerian Kesehatan, Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional, Ikatan Dokter Indonesia, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah, Universitas YARSI, Rumah Sakit YARSI, dan Pertamedika IHC.

 “Dari sarasehan ini mendorong peran serta aktif alumni Fakultas Kedokteran Universitas YARSI dan menghasilkan rekomendasi untuk para stakeholder yang dapat digunakan untuk menurunkan angka stunting di Indonesia yaitu standarisasi pencegahan dan penanganan kasus stunting oleh dokter yaitu pemantauan ibu hamil, bayi lahir Menghasilkan data stunting yang akurat Alokasi dana untuk pencegahan stunting," kata Ketua PERSALUNI FK YARSI, Efmansyah Iken Lubis  melalui keterangan persnya, Selasa (3/3).

Berdasarkan data Riset kesehatan dasar (Riskesdas) 2019, angka stunting di Indonesia mencapai 30,8 %, sementara target WHO, angka stunting tidak boleh lebih dari 20 %.  Angka yang tergolong tinggi ini merupakan suatu ancaman terhadap ketahanan bangsa di masa mendatang.

"Pemerintah tidak dapat bekerja sendiri dalam menyelesaikan masalah stunting. Stunting adalah pekerjaan besar multisektoral baik pemerintah, swasta, pegiat rumah sakit, akademisi dan tokoh agama," pungkasnya

Persaudaraan Alumni Fakultas Kedokteran Universitas YARSI merupakan organisasi Alumni Fakultas Kedokteran Universitas YARSI yang didirikan pada tahun 1991, beranggotakan lebih kurang 7000 orang dokter alumni Fakultas Kedokteran Universitas YARSI yang tersebar di seluruh Indonesia. Saat ini PERSALUNY FK YARSI dipimpin oleh dr.Efmansyah Iken Lubis, MM, alumni Fakultas Kedokteran Universitas YARSI Tahun 1987.

 

 

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement