Sunday, 4 Jumadil Akhir 1442 / 17 January 2021

Sunday, 4 Jumadil Akhir 1442 / 17 January 2021

Wishnutama: Warga Lokal yang Berwisata Harap Perhatikan Kesehatan

Selasa 03 Mar 2020 08:37 WIB

Rep: Dedy Darmawan Nasution/ Red: Esthi Maharani

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio.

Foto: Antara/Muhammad Iqbal
para wisatawan lokal wajib menjaga kebersihan dengan mencuci tangan, meningkatkan imunitas, serta mematuhi imbauan dari pemerintah

REPUBLIKA.CO.ID JAKARTA -- Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Wishnutama Kusubandio, mengingatkan masyarakat untuk selalu memperhatikan aspek kesehatan diri saat mengunjungi destinasi. Peringatan itu seiring dideklarasikannya Indonesia sebagai negara yang ikut terpapar virus corona baru 2019 (Covid-19).

Ia mengatakan, para wisatawan lokal wajib menjaga kebersihan dengan mencuci tangan, meningkatkan imunitas, serta mematuhi imbauan dari pemerintah setempat di mana destinasi berada.

"Tidak lupa pula untuk selalu memperbarui informasi tentang rumah sakit rujukan sekitar destinasi pariwisata," kata Wishnutama dalam keterangan resminya, Senin (3/3).

Ia menyampaikan bahwa pemerintah sudah memastikan kasus virus corona ini benar-benar sudah dipersiapkan penangannya. Khususnya untuk kesiapan rumah sakit. Wishnutama menyebut, lebih dari 100 rumah sakit siap dengan ruang isolasi mengenai Covid-19 dengan standar isolasi yang baik dan dilengkapi dengan peralatan yang memadai sesuai dengan standar internasional.

Kemenparekraf, kata dia, terus berkoordinasi dengan Kementerian Kesehatan dan pihak terkait lainnya untuk memantau perkembangan virus corona saat ini. Pemerintah, menurutnya, juga telah memiliki standar operasional dan prosedur yang memiliki standardisasi sesuai kriteria yang diterapkan di dunia internasional.

Selain juga memiliki anggaran khusus yang diprioritaskan untuk menangani persoalan tersebut. “Hal ini tidak hanya untuk menjaga keselamatan dan kesehatan seluruh masyarakat Indonesia, tapi juga kondusifitas pariwisata Indonesia yang rentan dengan kondisi, persepsi, dan isu,” katanya.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA