Monday, 9 Syawwal 1441 / 01 June 2020

Monday, 9 Syawwal 1441 / 01 June 2020

Persija Bungkam Borneo FC 3-2 di GBK

Ahad 01 Mar 2020 17:35 WIB

Rep: Frederikus Bata/ Red: Andri Saubani

Pemain Persija Jakarta Marco Motta (kiri) dan Marko Simic berselebrasi usai menjebol gawang Borneo FC dalam pertandingan pekan pertama Shopee Liga 1 2020 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Ahad (1/3/2020).

Pemain Persija Jakarta Marco Motta (kiri) dan Marko Simic berselebrasi usai menjebol gawang Borneo FC dalam pertandingan pekan pertama Shopee Liga 1 2020 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Ahad (1/3/2020).

Foto: Antara/Aditya Pradana Putra
Gol Persija dicetak Osvaldo Haay, Marko Simic, dan Evan Dimas.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tim bertabur bintang Persija Jakarta memulai Liga 1 musim 2020 dengan gemilang. Skuat Macan Kemayoran membungkam Borneo FC 3-2, dalam duel di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Senayan, Ahad (1/3) petang WIB.

Tampil di depan pendukung sendiri, pasukan ibu kota langsung menekan sejak pertandingan dimulai. Alur permainan tampak berjalan searah.

Persija menurunkan sejumlah pemain terbaiknya. Terus menyerang, gol yang ditunggu the Jak datang juga. Tepatnya pada menit ke-21.

Berawal dari umpan tarik Marco Motta, bola yang datang bisa dimanfaatkan Osvaldo Haay. Dengan tenang Osvaldo memperdaya Gianluca Claudyo Pandeynuwu. Tembakan jarak dekat penyerang kelahiran Jayapura itu merobek jala sang kiper.

Unggul 1-0 , Persija tidak mengendorkan tekanan. Alur serangann tuan rumah dikendalikan dari lini tengah. Ada Evan Dimas Darmono berperan sebagai metronom.

Pada menit ke-36, Persija memperbesar keunggulan. Umpan mendatar Riko Simanjuntak bisa dimanfaatkan Marco Simic dengan baik.

Pada sisa waktu, tak ada perubahan berarti. Keunggulan 2-0 untuk Macan Kemayoran belum berubah hingga babak pertama berakhir.

Riuh rendah teriakan the Jak membahana di SUGBK. Lautan orange terlihat memenuhi stadion nasional Indonesia itu.

Baca Juga

photo
Pemain Persija Jakarta Osvaldo Haay (kiri) dan Evan Dimas berselebrasi usai menjebol gawang Borneo FC dalam pertandingan pekan pertama Shopee Liga 1 2020 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Ahad (1/3/2020).



Seusai turun minum, Borneo mencoba tampil menggebrak. Umpan satu dua sentuhan di area pertahanan Persija, diperagakan anak asuh Edson Araujo Tavares.

Pada menit ke-51, penggawa tim tamu, Diogo Campos Gomes nyaris mengubah kedudukan. Sontekan sang penyerang di area penalti Persija, bisa dimentahkan Andritany Ardhiyasa.

Tak ingin terus ditekan, pasukan orange mulai berkreasi. Perlahan tapi pasti skuat polesan Sergio Ricardo De Paiva Farias berbalik mendominasi.

Pada menit ke-60, Persija nyaris menambah skor. Sebuah umpan Crossing Evan Dimas tepat mengarah di depan Simic. Sayang, sundulan striker asal Kroasia itu masih mengenai tiang gawang Borneo.

Di luar dugaan, sembilan menit kemudian, Pesut Etam mampu memperkecil ketertinggalan. Umpan silang Dedi Hartono disambut Frasisco Wagsley Rodrigues De Souas Filho alias Torres dengan sundulan. Upaya pemain bernomor punggung sembilan ini tak mampu dihalau Andritany.

Kubu Persija melakukan pergantian pemain pada menit ke-76. Sergio menarik Marc Anthony Klok, dan memasukkan Rizki Ramdani Lestaluhu.

Sembilan menit menjelang waktu normal berakhir, tuan rumah memiliki peluang emas  melalui Riko. Sayang, sontekan keras winger 28 tahun itu bisa diblok penjaga gawang lawan.

Pada menit ke-85, Persija akhirnya menambah keunggulan menjadi 3-1. Berawal dari serangan balik, Evan Dimas yang berlari dari sisi kanan mampu melepaskan sepakan terarah tak mampu dihalau Gianluca.

Pada injury time, Borneo memperkecil ketertinggalan. Gol bunuh diri Ryuji Utomo membuat kedudukan menjadi 3-2. Skor tersebut bertahan hingga laga usai.



BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA