Ahad 01 Mar 2020 13:21 WIB

Geneva Motor Show 2020 Batal Digelar Akibat Wabah Corona

Geneva Motor Show sebelumnya akan diselenggarakan 5-15 Maret di Swiss.

Rep: Eric Iskandarsjah Z/ Red: Nora Azizah
Geneva Motor Show 2020 Batal Digelar Akibat Wabah Corona (Foto: suasana Geneva Motor Show 2019)
Foto: EPA
Geneva Motor Show 2020 Batal Digelar Akibat Wabah Corona (Foto: suasana Geneva Motor Show 2019)

REPUBLIKA.CO.ID, GENEVA -- Bulan ini, insan otomotif dunia telah bersiap untuk menyambut Geneva International Motor Show (GIMS) 2020. Tapi, pameran rutin tahunan yang direncanakan hadir di Swiss pada 5 hingga 15 Maret itu terpkasa harus dibatalkan.

Dilansir dari laman resmi GIMS pada Ahad (1/3),  pembatalan ini dilakukan karena pada 28 Februari lalu Federal Council melarang adanya kegiatan yang mendatangkan pengunjung hingga seribu orang. Keputusan yang berlaku hingga 15 Maret ini sendiri ditetapkan berkaitan dengan antisipasi atas adanya penyebaran virus corona.

Baca Juga

Chairman of the Foundation Board GIMS, Maurice Turrettini, mengatakan, GIMS pasti menerima keputusan ini meski juga merasa menyesal. Ia pun mengaku, kondisi force majeure ini otomoats juga telah menimbulkan kerugian luar biasa bagi produsen yang telah menanamkan investasi secara masif dalam event ini. Tapi, ia juga meyakini bahwa pasti seluruh partisipan dapat memahami keputusan ini.

"Tapi, kesehatan seluruh peserta pameran juga merupakan salah satu prioritas utama kami." kata Maurice Turrettini.

Dari sisi venue, sebenarnya pembangunan tribun sudah hampir mencapai final. Dalam konferensi pers GIMS pekan lalu, kekhawatiran soal corona pun tak sempat disinggung. Tapi, hal itu berubah setelah adanya pasien corona pertama di Swiss.

Penyelenggara pun saat ini tengah melakukan pembongkaran venue dan melakukan perhitungan konsekuensi keuangan terkait pembatalan ini. Nah, untuk yang sudah terlanjur membeli tiket masuk GIMS, penyelenggara juga telah memastikan bahwa penyelenggara akan mengembalikan uang pembelian tiket tersebut.

Dengan adanya pembatalan ini, otomatis sejumlah pabrikan pun harus melakukan penjadwalan ulang terkait peluncuran sejumlah produknya. Karena, dalam GIMS 2020 ini, terdapat sejumlah produk yang akan dihadirkan sperti  Aston Martin Vantage Roadster, Bentley Mulliner Bacalar, Honda Civic Type R facelift, Kia Sorento dan Toyota Yaris generasi terbaru.

Selain menghadirkan mobil yang siap dipasarkan, pameran ini pun biasanya juga menyajikan mobil konsep atau prototipe dari sejumlah jenama.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement