Monday, 13 Sya'ban 1441 / 06 April 2020

Monday, 13 Sya'ban 1441 / 06 April 2020

RSUD Depok Rawat Anak Penderita Hidrosefalus

Sabtu 29 Feb 2020 21:17 WIB

Rep: Rusdy Nurdiansyah/ Red: Hiru Muhammad

Davina (9) anak dari pasangan Yudi dan Wiwin mengidap penyakit Hidrosefalus (pembengkakan pada kepala) saat ini hanya terbaring kaku dirumahnya.

Davina (9) anak dari pasangan Yudi dan Wiwin mengidap penyakit Hidrosefalus (pembengkakan pada kepala) saat ini hanya terbaring kaku dirumahnya.

Foto: Republika/Rusdy Nurdiansyah
RSUD Depok akan merujuk Davina ke RSCM atau RS Fatmawati

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK--Anak penderita penyakit Hidrosefalus, Davina Savania (9) akan mendapat perawatan serius di RSUD Kota Depok. Saat ini Devina sudah mendapat perawatan intensif di RSUD Kota Depok dengan pembiayaan yang ditanggung BPJS Kesehatan.

Direktur RSUD Kota Depok, Devi Maryori mengatakan, pihaknya sudah melakukan komunikasi dengan dokter yang bertanggungjawab terhadap anak tersebut. Kondisi saat ini sudah mulai terlihat membaik dan akan terus dipantau keadaannya secara umum.

"Sejak dua hari yang lalu masuk, hari ini Davina sudah terlihat lebih segar diperkirakan pada Ahad (1/3) sudah boleh pulang karena kesehatan fisiknya secara umum sudah baik," ujar Devi di  RSUD Kota Depok, Sabtu (29/2).

Menurut Devi, setelah kondisi fisik secara umum membaik, pihaknya akan mengeluarkan surat rujukan ke RSCM atau RS Fatmawati untuk melakukan rawat jalan agar diambil tindakan perawatan kesehatan lebih lanjut. "Davina akan dirujuk ke Poli Anak," ucapnya.

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok sudah mengambil alih penanganan Devina yang berasal dari keluarga pra sejahtera yang berdomisili di Kelurahan Krukut, Kecamatan Limo, Kota Depok. "Kami akan terus melakukan pendampingan perawatan, pengobatan dan tindakan operasi," tegas Devi.

Kepala Dinas Perlindungan Anak Pemberdayaan Masyarakat dan Keluarga (DPAPMK) Kota Depok, Nessi Annisa Handari mengatakan juga akan turut mendampingi orang tua Davina jika membutuhkan pendampingan psikolog.

"Orangtua Davina tentu membutuhkan dukungan untuk terus semangat dalam mendampingi pengobatan anaknya. Kami siap melakukan pendampingan psikolog untuk hal tersebut," katanya. 

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA