Tuesday, 14 Sya'ban 1441 / 07 April 2020

Tuesday, 14 Sya'ban 1441 / 07 April 2020

FTUI Luncurkan Pusat Studi dan Riset Keamanan Siber

Sabtu 29 Feb 2020 12:26 WIB

Red: Esthi Maharani

Universitas Indonesia

Universitas Indonesia

Foto: Dok Republika
Pusat Studi dan Riset Keamanan Siber diharapkan bisa bangun ekosistem cyber security

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK - Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI) meluncurkan id-CARE.UI atau Indonesia Cyber Awareness and Resilience Centre yang merupakan pusat studi dan riset di bidang keamanan siber.

Penanggung Jawab id-CARE.UI Dr. Muhammad Salman dalam keterangan tertulisnya, Sabtu, (29/2) mengatakan fenomena insiden keamanan siber saat ini semakin meningkat signifikan dari waktu ke waktu.

"Banyak infrastruktur kritis yang juga terkena dampaknya, hal ini memerlukan antisipasi yang serius untuk menghadapi tantangan keamanan informasi di era siber ini," ujarnya.

id-CARE.UI akan melakukan penelitian, kajian dan studi berkenaan dengan cyber security, termasuk berbagai kegiatan seminar, workshop, focus group discussion dan sertifikasi profesional, serta memperkuat kerjasama multi-stakeholder baik pada skala nasional, regional dan global.

Selain itu juga membentuk konsorsium antar universitas untuk peningkatan cyber capacity. Diharapkan, id-CARE.UI turut berperan untuk ikut berkontribusi membangun ekosistem cyber security Indonesia yang aman dan kondusif ke depan.

"Untuk itu, id-CARE.UI dibentuk sebagai upaya ikut berkontribusi mengembangkan keilmuan dan membangun SDM yang nantinya mampu berperan dalam mengelola keamanan siber (cybersecurity)," katanya.

Salman mengatakan seiring meningkatnya ancaman siber terhadap keamanan dan pertahanan nasional, kerja sama antara pemerintah, industri, dan lembaga riset perguruan tinggi perlu diperkuat.

Salah satu inisiator id-CARE.UI, Prof.Dr-ing. Kalamullah Ramli mengatakan bersyukur dan bangga bahwa FTUI merupakan institusi pertama dari Asia Tenggara yang telah menjadi anggota Konsorsium International Cybersecurity Center of Excellence (INCS-CoE) yang berpusat di Keio University, Jepang.

INCS-CoE beranggotakan juga beberapa universitas terkemuka di dunia, antara lain seperti Imperial College London, Royal Holloway-University of London, Stanford University, Carnegie Mellon University, Harvard University.

"Tentunya ini akan menjadi modal berharga bagi keberadaan dan posisi strategis id-CARE.UI ke depannya," katanya

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA