Saturday, 11 Sya'ban 1441 / 04 April 2020

Saturday, 11 Sya'ban 1441 / 04 April 2020

Ya Ampun! 3.000 Karyawan Kena PHK Raksasa Travel Online Dunia!

Sabtu 29 Feb 2020 11:00 WIB

Rep: wartaekonomi.co.id/ Red: wartaekonomi.co.id

Ya Ampun! 3.000 Karyawan Kena PHK Raksasa Travel Online Dunia!. (FOTO: Twitter/ITSUPPORTHUB1)

Ya Ampun! 3.000 Karyawan Kena PHK Raksasa Travel Online Dunia!. (FOTO: Twitter/ITSUPPORTHUB1)

PHK dilakukan Expedia lantaran performa bisnis di tahun 2019 mengecewakan.

Warta Ekonomi.co.id, Jakarta

Perusahaan bisnis travel online, Expedia Group dikabarkan melakukan PHK besar-besaran. Sebanyak 3.000 pegawai atau 12 persen karyawannya terkena imbas pemutusan hubungan kerja tersbeut.

Kebijakan tersebut harus dilakukan oleh Expedia lantaran performa bisnis di tahun 2019 mengecewakan.

Dilansir dari Financial Times di Jakarta, Jum'at (28/2/2020) restrukturisasi terjadi setelah pertempuran di ruang dewan antara mantan kepala eksekutif Mark Okerstrom dan kepala keuangan Alan Pickerill dan ketua lama dan pemegang saham Barry Diller atas strategi perusahaan.

Baca Juga: Setelah Dapat Dana dari Softbank, 3 Startup Ini Malah PHK Karyawan! Mulai Terpuruk?

Pada saat itu, Diller mengatakan bahwa Okerstrom telah memimpin dan kehilangan fokus materi. Selama panggilan pendapatan bulan ini, Diller menambahkan bahwa Expedia telah menjadi sklerotik dan kembung sehingga seakan-akan tidak ada pekerjaan.

"Kami berhenti melakukan hal-hal bodoh dan mulai melakukan apa yang kami pikir adalah hal yang baik," katanya.

James Cordwell, seorang analis di pialang AS Atlantic Equities, mencatat bahwa pangkalan biaya tetap Expedia hampir dua kali lipat dari saingannya, Booking.com dari Eropa, per malam.

"Siapa pun yang telah melihat Expedia dan Booking.com selama empat hingga lima tahun terakhir telah menyadari bahwa perbedaan margin antara keduanya sangat berbeda," katanya.

Mereka mengatakan bahwa transisi seperti ini jelas sangat sulit. Expedia juga berterima kasih kepada pegawai yang terkena imbas PHK.

"Bagi mereka yang akan pergi, terima kasih atas kontribusi pada Expedia Group dan berharap kalian traveling dengan aman saat menemukan peluang berikutnya."

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Warta Ekonomi. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Warta Ekonomi.
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA