Tuesday, 14 Sya'ban 1441 / 07 April 2020

Tuesday, 14 Sya'ban 1441 / 07 April 2020

Rutan Gresik Pasang Finger Print Antisipasi Tahanan Keluar

Jumat 28 Feb 2020 22:16 WIB

Rep: Antara/ Red: Christiyaningsih

Rutan kelas II B Cerme Gresik memasang finger print untuk antisipasi tahanan keluar. (Ilustrasi)

Rutan kelas II B Cerme Gresik memasang finger print untuk antisipasi tahanan keluar. (Ilustrasi)

Foto: Antara/Jessica Wuysang
Rutan kelas II B Cerme Gresik memasang finger print untuk antisipasi tahanan keluar

REPUBLIKA.CO.ID, GRESIK - Rumah tahanan (Rutan) kelas II B Cerme, Kabupaten Gresik, Jawa Timur memasang finger print untuk mengantisipasi tahanan keluar melalui tamu yang masuk. Langkah ini sebagai upaya program resolusi Direktur Jenderal Permasyarakatan (Dirjen PAS) Kementerian Hukum dan HAM.

Kepala pengamanan rutan (KPR) Rutan kelas II B Cerme, Zulfikar, mengatakan pemasangan finger print dinilai paling tepat untuk mencegah tahanan keluar. Sebab, selama ini para pengunjung yang akan membesuk masih diberi stempel.

"Alurnya nanti para pengunjung melakukan pendaftaran di loket depan, kemudian kembali harus finger print lagi. Kalau datanya tidak keluar, maka dia tidak masuk sesuai prosedur karena foto dan data terlampir," tutur Zulfikar di Gresik, Jumat (28/2).

Dia mengatakan pengamanan ini tidak hanya bertujuan mendeteksi pengunjung. Akan tetapi mengantisipasi terjadinya tahanan yang kabur serta penyelundupan barang terlarang.

"Tujuan hindari tahanan kabur, kalau kunjungan ramai stempel. Stempel kena keringat bisa hilang kunjungan banyak bisa lalai," kata dia.

Hingga saat ini, di Rutan kelas II B Cermen tidak ada tahanan kabur. Dalam sehari Rutan ini bisa menerima 80 sampai 100 orang pembesuk. Bahkan pada Sabtu dan Senin mencapai 200 pembesuk. "Paling banyak kalau Sabtu tanggal merah kita libur, nanti Seninnya sampai 250 pengunjung," ujar Zulfikar.

Dia berharap adanya digitalisasi tersebut membuat aparat penegak hukum terbantu dalam melakukan pelayanan kunjungan bagi keluarga warga binaan. Menurutnya finger print akan membuat kunjungan lebih aman dan tertib.

Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA