Friday, 10 Sya'ban 1441 / 03 April 2020

Friday, 10 Sya'ban 1441 / 03 April 2020

Pelatihan Applied Approach Diklaim Tingkatkan Kualitas Dosen

Sabtu 29 Feb 2020 05:00 WIB

Red: Dwi Murdaningsih

Dosen yang sedang mengajar para mahasiswa (ilustrasi)

Dosen yang sedang mengajar para mahasiswa (ilustrasi)

Foto: theguardian.com
LLDIKTI Wilayah X meliputi Sumatra Barat, Riau, Kepulauan Riau dan Jambi.

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG -- Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah X Prof Herri mengatakan pelatihan Applied Approach (AA) dapat meningkatkan kualitas pengajar perguruan tinggi swasta (PTS) di wilayah itu. LLDIKTI Wilayah X meliputi Sumatra Barat, Riau, Kepulauan Riau dan Jambi. Dia menuturkan sudah lebih dari 40 persen dosen PTS yang mengikuti pelatihan Applied Approach.

Menurutnya pelatihan Applied Approach merupakan salah satu cara yang tepat untuk meningkatkan kualitas dosen sebagai tenaga pengajar. "Pelatihan tersebut diberikan pada setiap tenaga pengajar berupa pengetahuan dasar tentang pengajaran, metode pembelajaran semester, metode penilaian, dan lainnya," ucap dia, Jumat (28/2).

Dia juga mendorong dosen untuk melanjutkan studi, mengikuti pelatihan Bahasa Inggris. Selain itu, dia mengatakan dokter perlu mengikuti bimbingan teknis penulisan karya ilmiah, penulisan proposal penelitian dan pengabdian masyarakat untuk meningkatkan kualitas dosen.

Menurut dia khusus di bidang pengajaran, dosen harus mampu secara profesional meningkatkan kualitas pendidikan tinggi itu sendiri. "Tentunya dosen berperan penting dalam mencetak mahasiswa yang unggul dan mampu berdaya saing setelah mereka tamat kuliah nanti," lanjut dia.

Ia mengatakan LLDIKTI Wilayah X merupakan perpanjangan tangan pemerintah untuk melayani beberapa PTS yang ada di empat provinsi. Untuk itu ia meminta agar seluruh tenaga pendidik dan pegawai di LLDIKTI Wilayah X mampu menunjukkan etos kerja yang bagus sehingga dapat menghasilkan kinerja yang berkualitas.

sumber : antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA