Tuesday, 14 Sya'ban 1441 / 07 April 2020

Tuesday, 14 Sya'ban 1441 / 07 April 2020

Dosen Jadi Kunci Kultur Akademik yang Baik

Sabtu 29 Feb 2020 05:39 WIB

Rep: Inas Widyanuratikah/ Red: Esthi Maharani

Dosen

Dosen

Foto: dok istimewa
Penguatan konsep dosen penggerak harus dilakukan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sekretaris Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Paristiyanti Nurwardani mengatakan dosen adalah kunci kultur akademik yang baik. Oleh karena itu, penguatan konsep dosen penggerak harus dilakukan.

"Paling penting, siapa yang akan menginspirasi di kampus adalah dosen. Dosen harus memiliki target, seandainya tidak ada target, akan biasa-biasa saja," ujar Paris saat menjadi pembicara dalam keterangan yang diterima Republika, Jumat (27/2).

Dalam kesempatan ini, Paris juga menyampaikan kewirausahaan akan mendapatkan hasil yang baik melalui riset dan inovasi. Menurut dia, pengalaman untuk melakukan berbagai macam jenis kewirausahaan bagi dosen wirausaha penting.

"Pengalaman itu tidak bisa diberi dalam jenis uang, tetapi harus berlatih dan buat dulu dosennya berwirausaha, prodinya berwirausaha dan baru kampusnya berwirausaha," kata dia lagi.

Kegiatan wirausaha merupakan salah satu bentuk dari kegiatan mahasiswa yang dapat dilakukan di luar kampus dalam kebijakan Kampus Merdeka. Kebijakan ini memberikan kebebasan untuk selalu belajar dan berinovasi kepada dosen, mahasiswa serta kampus.

Wirausaha menjadi salah satu pilihan mahasiswa yang ingin memanfaatkan kebebasan tiga semester melakukan pembelajaran di luar program studi. Selain wirausaha, mahasiswa boleh memilih untuk magang, membuat penelitian, atau mengadakan proyek di desa.

"Warisan terbesar sebuah perguruan tinggi adalah dapat menghasilkan lulusannya sebagai teladan di keluarga, tingkat wilayah nasional, regional, dan global," ujar Paris.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA