Thursday, 12 Syawwal 1441 / 04 June 2020

Thursday, 12 Syawwal 1441 / 04 June 2020

FIFA Minta Aturan Beli Pemain di Luar Bursa Transfer Dihapus

Jumat 28 Feb 2020 09:18 WIB

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Israr Itah

Martin Braithwaite dibeli Barcelona di luar bursa transfer.

Martin Braithwaite dibeli Barcelona di luar bursa transfer.

Foto: EPA-EFE/ALBERTO ESTEVEZ
Barcelona mendapatkan izin membeli Martin Braithwaite dari Leganes pada Februari lalu

REPUBLIKA.CO.ID, ZURICH -- FIFA mempertanyakan aturan yang mengizinkan klub Spanyol membeli pemain di luar bursa transfer. Bahkan, badan sepak bola tertingi dunia itu minta aturan tersebut dihapus. Sikap FIFA itu merupakan respons dari aksi Barcelona yang mendapatkan izin untuk Liga Sepak Bola Profesional (LFP) untuk membeli Martin Braithwaite dari Leganes pada Februari lalu.

Baca Juga

Alasan izin itu karena striker Barcelona, Ousmane Dembele, absen selama enam bulan. Pembelian Braithwaite itu pun membuat Leganes berada pada situasi krisis dan terancam terdegradasi. Klub asal Madrid itu pun juga tak diizinkan untuk mencari pengganti pemain internasional Denmark tersebut.

Hasilnya, dikutip dari Marca, Jumat (28/2), FIFA meminta Federasi Sepak Bola Spanyol (RFEF) untuk menghapus aturan itu akhir musim ini. Ini bukan pertama kali FIFA minta aturan tersebut dihapus. Pada 2016, mereka menghubungi RFEF terkait aturan itu. Namun permintaan tersebut ditolak oleh La Liga Spanyol.

Proses pembelian pemain di luar bursa transfer yang bisa diizinkan memang tak mudah. Klub harus melakukan pengajuan terlebih dahulu, dengan syarat salah satu pemain mereka harus mengalami cedera selama enam bulan atau lebih. Itu pun setelah ada hasil pemeriksaan medis yang dilakukan sebelumnya. Selain itu, pemain yang boleh dibeli oleh klub tersebut sedang main di Spanyol atau statusnya bebas transfer. 

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA