Tuesday, 3 Syawwal 1441 / 26 May 2020

Tuesday, 3 Syawwal 1441 / 26 May 2020

Menpora Imbau Jajarannya Lebih Transparan Soal Anggaran

Jumat 28 Feb 2020 09:08 WIB

Rep: Muhammad Ikhwanuddin/ Red: Israr Itah

Menpora Zainudin Amali

Menpora Zainudin Amali

Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Menpora mengimbau jajarannya untuk lebih cepat dalam melayani publik.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI Zainudin Amali mengimbau jajarannya untuk lebih cepat dalam melayani publik dengan tetap menjunjung prinsip transparansi dan akuntabel. Hal itu ia sampaikan saat memberikan arahan pada Sosialisasi Mekanisme Pencairan Anggaran Tahun 2020 di Ballroom Hotel Bidakara, Jakarta, Kamis (27/2).

Baca Juga

Menpora meminta pada tahun anggaran 2020 semua yang bisa dibelanjakan di awal, bisa segera dilakukan agar tidak menumpuk pada akhir tahun kerja. Menurutnya, sebelum Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) ditetapkan, terdapat pra-DIPA untuk segera dilaksanakan.

"Jika kecepatan pelayanan masih seperti ini maka kelas kementerian kita tidak akan naik jika ada masalah dipencairan segera bicarakan dengan atasan langsung harus pro-aktif jangan didiamkan," kata Menpora dalam keterangan tertulis yang diterima Republika.

Menurutnya, prinsip transparansi dan akuntabel menuju good governance sangat penting agar nilai mutu kementerian naik.

"Saya mengimbau kepada kita semua ayo bangkit sama-sama kita kerjakan tanggung jawab sebagai ASN dan sebagai warga negara. Saya minta terutama yang berkaitan dengan pelayanan publik tolong dipercepat jika ada hambatan segera bicarakan, dengan tetap transparansi dan akuntabel," ucapnya.

Ia juga meminta adanya pendampingan terkait bantuan-bantuan untuk cabang-cabang olahraga dan Organisasi Kepemudaan (OKP). 

"Khusus untuk bantuan kepada cabor tolong didampingi beritahu cara yang benar konsultasi dengan BPK agar cepat, jangan ada niat diperlambat tolong di tahun 2020 serapan dan kualitas serapannya harus ditingkatkan dengan demikian maka yang akan merasakan manfaatnya juga kita semua," ujar dia.

Menpora berharap melalui sosialisasi ini tidak ada lagi peserta yang tidak tahu dan tidak paham soal anggaran dan realisasinya. "Melalui sosialisasi ini tolong sampai detail jadi tidak ada alasan satuan kerja kita yang tidak tahu atau bingung. Begitu ada masalah koordinasikan jangan didiamkan dan komunikasi kita dengan berbagai pihak harus semakin tingkatkan semoga perhatian para mitra juga akan semakin baik," kata Menpora.

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA