Saturday, 11 Sya'ban 1441 / 04 April 2020

Saturday, 11 Sya'ban 1441 / 04 April 2020

Kementerian BUMN Rombak Komisaris dan Direksi Pegadaian

Kamis 27 Feb 2020 15:08 WIB

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Nidia Zuraya

Petugas melayani nasabah di kantor Pegadaian Salemba, Jakarta. ilustrasi

Petugas melayani nasabah di kantor Pegadaian Salemba, Jakarta. ilustrasi

Foto: Republika/Prayogi
Pegadaian meraup laba bersih sebesar Rp 3,1 triliun pada 2019.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) selaku pemegang saham resmi merombak jajaran Komisaris dan Direksi PT Pegadaian (Persero) pada Kamis, 27/02. Perubahan jajaran Komisaris tertuang dalam  SK-59/MBU/02/2020 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Anggota-anggota Komisaris Perusahaan PT Pegadaian (Persero).

Perubahan Direksi tertuang dalam Keputusan Menteri BUMN Nomor: SK-58/MBU/02/2020 tentang Pemberhentian, perubahan nomenklatur jabatan, pengalihan tugas, dan pengangkatan anggota-anggota Direksi perusahaan Perseroan (Persero) PT Pegadaian.

Berdasarkan SK tersebut, Kementerian BUMN memberhentikan dengan hormat Ina Primiana dan Wahyu Kuncoro dari jabatan Komisaris Utama dan Wakil Direktur Utama. Dalam kesempatan tersebut Kementerian BUMN juga mengangkat Loto Srinaita Ginting sebagai Komisaris Utama Pegadaian, Makmur Keliat sebagai Komisaris Independen, dan Gunawan Sulistyo sebagai Direktur Umum Pegadaian.

Dalam keterangan pers, Kamis (27/2), Direktur Utama Pegadaian Kuswiyoto mengatakan bergabungnya Loto Srinaita Ginting, Makmur Keliat, dan Gunawan Sulistyo akan melengkapi jajaran komisaris dan direksi untuk mewujudkan Pegadaian sebagai perusahaan The Most Valuable Financial Company di Indonesia.

Sebelum diamanatkan menjabat sebagai Komisaris Utama Pegadaian, Loto Srinaita Ginting telah lama berpengalaman dalam bidang keuangan. Loto pernah menjabat sebagai Direktur Surat Utang Negara di Kementerian Kementerian Keuangan, Kepala Subdirektorat Pengelolaan Portofolio Surat Utang Negara.

Ia juga merupakan alumnus dari Universitas of New South Wales dan meraih gelar Master of Commerce in Management pada tahun 2000. Makmur Keliat yang saat ini menjabat sebagai Komisaris Independen di Pegadaian, sebelumnya juga menjabat sebagai Komisaris Independen di PT Bank Mandiri (Persero) Tbk.

Sementara, Gunawan Sulistyo sebelum menjabat sebagai Direktur Umum Pegadaian pernah menjabat sebagai Pejabal Level SEVP Manajemen Aktiva Tetap & Pengadaan PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) (Persero) Tbk, Direktorat Manajemen Aktiva Tetap & Pengadaan, Kepala Devisi Pengadaan Barang & Jasa BRI, Deputi Chief Learning Officer BRI Corporate University.  Ia juga merupakan alumnus Magister Management bidang Manajemen Keuangan dari Universitas Gadjah Mada Yogyakarta.

PT Pegadaian (Persero) meraup laba bersih sebesar Rp 3,1 triliun pada 2019, tumbuh 12 persen (yoy). Outstanding pembiayaan (OSL) tercatat sebesar Rp 50,4 triliun, tumbuh 23,3 persen (yoy). Sementara NPL gross sebesar 1,75 persen dan total realisasi pembiayaan sebesar Rp 145,6 triliun dan non pembiayaan sebesar Rp 4,7 triliun.

Baca Juga

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA