Tuesday, 7 Sya'ban 1441 / 31 March 2020

Tuesday, 7 Sya'ban 1441 / 31 March 2020

Generasi Muda Motor Penggerak Sanitasi Lingkungan

Kamis 27 Feb 2020 02:55 WIB

Red: Yudha Manggala P Putra

Ilustrasi.

Ilustrasi.

Foto: dok. Humas Kementerian PUPR
Penerapan sanitasi baik oleh generasi muda mendatangkan keuntungan di masa mendatang

REPUBLIKA.CO.ID, BANDARLAMPUNG -- Generasi muda memiliki peran penting sebagai motor penggerak sanitasi yang baik bagi masyarakat. Hal itu guna kelangsungan hidup di masa depan.

"Pemuda memiliki peranan penting dan harus memiliki andil besar dalam membangun sanitasi, sebab sanitasi yang baik merupakan investasi di masa depan, " ujar salah seorang pemudi penggiat sanitasi, Naili Rahmah di Bandarlampung, Rabu (26/2).

Menurutnya, melalui penerapan sanitasi yang baik oleh generasi muda akan mendatangkan keuntungan bagi kehidupan di masa mendatang dengan terciptanya sumber daya manusia yang sehat, adanya lingkungan yang nyaman, serta menekan kerugian finansial akibat buruknya sanitasi.

"Guna tercapainya percepatan akses sanitasi menuju target sanitasi aman di Provinsi Lampung perlu peran serta dari generasi muda, namun saat ini belum banyak generasi muda ikut berkontribusi langsung menciptakan kondisi ini," jelasnya.

Ia menerangkan, perlu dibangun kesadaran bagi generasi muda agar lebih banyak berperan aktif, sebab hal paling penting dari tujuan pembenahan masalah sanitasi ialah menjamin kualitas hidup yang lebih baik bagi generasi di masa depan.

"Permasalahan sanitasi bukan hanya berdampak bagi satu orang melainkan bagi semua orang bahkan dapat memberi efek menahun, sehingga perlu campur tangan generasi muda yang kreatif untuk menyadarkan masyarakat, " lanjutnya.

Hal senada juga dikatakan oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Provinsi Lampung, Taufik Hidayat. "Kolaborasi dan saling bersinergi menjadi kunci pembangunan nasional salah satunya mengenai sanitasi," kata dia.

Menurutnya, peran generasi muda sebagai motor penggerak sanitasi sangatlah diperlukan, agar permasalahan sanitasi dapat terselesaikan. "Generasi muda harus mengerti dan memahami masalah sanitasi, agar dapat ikut berkontribusi dalam menyelesaikan permasalahan sanitasi di Lampung," katanya.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA