Rabu 26 Feb 2020 17:24 WIB

Gandeng Lapan, Unsoed akan Riset Keantariksaan

Unsoed menandatangani MoU kerja sama dengan Lapan.

Rep: Eko Widiyatno/ Red: Dwi Murdaningsih
Kampus Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto.
Foto: wordpress.com
Kampus Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto.

REPUBLIKA.CO.ID, PURWOKERTO -- Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto terus mengembangkan kemitraan strategis dengan lembaga-lembaga terkemuka. Seperti yang berlangsung Rabu (26/2), Unsoed menandatangani nasakah kerjasama Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan).

Penandatanganan MoU dilakukan langsung oleh Rektor Unsoed Soewarto, dan Kepala Lapan Thomas Djamaluddin, di Ruang Rapat Senat Gedung Rektorat. Penandatanganan MoU dihadiri seluruh wakil rektor, ketua lembaga, Dekan beserta Para Wakil Dekan dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. 

Baca Juga

''Kami berharap, MoU ini dapat memberikan manfaat bagi kedua institusi yang muaranya dapat membawa kesejahteraan masyarakat,'' ucap Soewarto.

Kepala Lapan Thomas Djamaluddin, dalam kesempatan itu menyebutkan melalui MoU ini antara Lapan dan Unsoed akan melakukan kerjasama di bidang penelitian, pengembangan dan pemanfaatan sains dan teknologi penerbangan antariksa. 

''Saya berharap, adanya kerjasama ini akan dapat semakin mengembangkan sektor pembangunan berbasis iptek dan penerbangan antariksa,'' katanya. 

Dia menyebutkan, Lapan mempunyai visi menjadi pusat unggulan pengembangan ilmu pengetahuan. Untuk itu, di lembaga yang dipimpinnya sudah ditetapkan tujuh pusat teknis pengembangan iptek yang berkaitan dengan bidang kerja Lapan.

 Ketujuh pusat teknis pengembangan iptek ini, terdiri dari pusat teknologi dan sains atmosfer, pusat sains antariksa, pusat data dan teknologi penginderaan jauh, pusat pemanfaatan penginderaan jauh, pusat teknologi roket, pusat teknologi satelit dan pusat teknologi penerbangan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement