Wednesday, 8 Sya'ban 1441 / 01 April 2020

Wednesday, 8 Sya'ban 1441 / 01 April 2020

Warga Garden City Paparkan Kronologi Penyerangan Mal AEON

Selasa 25 Feb 2020 19:34 WIB

Rep: Zainur Mahsir Ramadhan/ Red: Teguh Firmansyah

Penyerangan Mal AEON Jakarta Timur, Selasa (25/2).

Penyerangan Mal AEON Jakarta Timur, Selasa (25/2).

Foto: Tangkapan Layar Youtube.
Penyerangan bermula dari kesalahpahaman di Club House Garden City.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Warga Garden City, Jakarta Timur, Wilson (71 tahun) menuturkan kronologi insiden di Mall AEON, Jakarta Timur, Selasa (25/2).

Baca Juga

Menurutnya awal mula penyerangan tak terjadi di Mall Aeon. Melainkan di Club House Garden City yang berada tak jauh dari Mal.

"Awalnya mungkin mereka mengira kantor pengelola ada di sana. Padahal, sudah pindah. Itu bangunannya," ujar dia kepada Republika.co.id, Selasa (25/2) sambil menunjuk bangunan.

Dia melanjutkan, sekira pukul 09.00 WIB, warga yang disebut meminta kejelasan justru salah paham dengan security Club House. Alhasil, menurut dia, penyerangan ratusan warga yang mayoritas berasal dari Tambun itu, beralih ke Mal.

"Itu setelah perusakan dan penyerangan dari Club House. Jumlah madsanya mungkin sampai 500 orang," tuturnya.

photo
Anggota polisi berjaga di Aeon Mall pascakerusuhan di Cakung, Jakarta Timur, Selasa (25/2/2020).



Wilson menyebut, petugas keamanan yang berasal dari Club House juga sempat melarikan diri ke permukiman warga. Menurut Wilson, hal itu terjadi ketika para warga, termasuk dia sedang khawatir akan kerusuhan itu, dan memilih melindungi propertinya.  "Waktu itu saya juga kebetulan lagi mindahin mobil saya," Kata dia.

Wilson menambahkan, awal kerusuhan yang terjadi pada pukul sembilan itu, tak langsung diamankan kepolisian. Sebaliknya, menurut dia, kepolisian baru tiba di lokasi sekira pukul 10.

"Untungnya rusuh di mal sudah reda sejak siang tadi. Jadi warga sekitar merasa aman juga," Kata dia.

Dari pantauan Republika.co.id, di lokasi, hingga pukul 18.00, keadaan di mal cenderung kondusif. Sebab, berbagai akses masuk ke mal ditutup oleh pihak kepolisian yang berjaga dan pihak security setempat. Bahkan, beberapa kendaraan polisi juga terlihat masih berjaga di belakang AEON mal.


BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA