Saturday, 11 Sya'ban 1441 / 04 April 2020

Saturday, 11 Sya'ban 1441 / 04 April 2020

McD Hingga Burger King, Ternyata Ini Pendiri Restoran Cepat Saji Populer Dunia

Kamis 27 Feb 2020 09:25 WIB

Rep: wartaekonomi.co.id/ Red: wartaekonomi.co.id

McD Hingga Burger King, Ternyata Ini Pendiri Restoran Cepat Saji Populer Dunia. (FOTO: Instagram/burgerking)

McD Hingga Burger King, Ternyata Ini Pendiri Restoran Cepat Saji Populer Dunia. (FOTO: Instagram/burgerking)

A&W adalah salah satu restoran cepat saji yang populer di seluruh dunia.

Warta Ekonomi.co.id, Jakarta

Menyantap hidangan dari restoran cepat saji atau fastfood adalah kegiatan yang sangat disukai banyak orang. Karena itulah tak jarang saat weekend, restoran sekelas McDonald's dan Burger King penuh dengan pengunjung.

Tapi di balik kepopuleran mereka saat ini, kamu tau gak sih siapa saja pendirinya? Kalau belum tau, simak di bawah ini ya!

Baca Juga: Corona Menyebar, Restoran Cepat Saji di China Batasi Kontak dengan Pembeli

1. Roy W Allen dan Frank Wright - A&W

A&W adalah salah satu restoran cepat saji yang populer di seluruh dunia. Bermula dari tiga tahun setelah Rowy W Allen membuka kedai pertama yang fokus menjual minuman inovatif dengan nama Root Beer di California pada tahun 1919, akhirnya kios kedua pun dibuka setelah Frank Wright join.

Di tahun 1925, nama A&W pun resmi diperkenalkan sebagai merek franchise. Saat ini, franchise restoran dengan keuntungan mencapai Rp15,3 triliun ini memiliki lebih dari 1.000 gerai di seluruh dunia.

2. James W McLamore dan David Edgerton - Burger King

Burger King didirikan pertama kali oleh Keith J Kramer dan Matthew Burns pada 1957 dengan nama Insta-Burger King. Nama tersebut diambil dari alat daging burger yang digunakannya yaitu Insta-Broiler.

Namun, karena permasalahan finansial dua tahun setelah berdiri, perusahaan ini dibeli oleh David Edgerton dan James McLamore dan diganti dengan nama Burger King. Berkat itulah saat ini, restoran asal Florida tersebut memiliki lebih dari 15 ribu gerai di seluruh dunia dengan pendapatan tahunan mencapai Rp22,3 triliun.

3. Richard dan Maurice McDonald - McDonald's

Lewat modal awal sekitar Rp70 jutaan, Richard dan Maurice McDonald berhasil mendirikan gerai pertamanya dengan nama McDonald's pada tahun 1940. Tak butuh waktu lama, keuntungannya berhasil berlipat-lipat menjadi Rp600 juta dengan sajian menu utamanya hamburger dan hot dog.

Ray Kroc pun membeli gerai McDonald pada tahun 1961 dan menjadikan McDonald's sebagai waralaba besar. Karena itulah ia lebih dikenal sebagai pendiri McDonald's dibanding McDonald's bersaudara.

Saat ini, gerai McDonald's memiliki keuntungan per tahun yang mencapai Rp 293,5 triliun dan memiliki lebih dari 35 ribu greai yang tersebar di lebih dari 100 negara.

4. Harland 'Colonel' Sanders - KFC

Harland David "Colonel" Sanders merupakan seorang pebisnis berkebangsaan Amerika Serikat yang ikut mendirikan Kentucky Fried Chicken. Dia mulai aktif dalam mewaralabakan bisnis ayamnya pada usia 65 tahun. Saat ini, usahanya telah tumbuh menjadi salah satu yang terbesar dalam sistem masakan siap saji di dunia.

5. William Rosenberg - Dunkin Donuts

Dunkin Donuts pertama kali didirikan oleh William Rosenberg pada tahun 1948 dengan nama brand Open Kettle. Namun setelah mendapat modal dari investor, gerai pertama Dunkin Donuts lengkap dengan logo barunya didirikan di Massachusetts pada tahun 1950.

Kini, Dunkin Donuts yang konsisten menyajikan donat dan kopi sejak pertama kali didirikannya memiliki lebih dari 12 ribu outlet di seluruh dunia dengan keuntungan mencapai Rp 18,1 triliun per tahunnya.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Warta Ekonomi. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Warta Ekonomi.
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA