Senin 24 Feb 2020 18:11 WIB

MPMX-Prasetiya Mulya Tingkatkan Kualitas SDM dalam Bisnis

Aspek yang dinilai adalah ide, strategi marketing, finansial, dan prospek pendapatan.

Prasetiya Mulya School of Business and Economics
Foto: Dokumen Pribadi
Prasetiya Mulya School of Business and Economics

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Mitra Pinasthika Mustika Tbk (MPMX) berkesempatan menjadi partner Prasetiya Mulya dalam penyelenggaraan Marketition, yakni kompetisi bagi mahasiswa tingkat pascasarjana jurusan bisnis, ekonomi, dan manajemen di Indonesia juga Asia yang telah diadakan oleh Universitas Prasetiya Mulya sejak tahun 2012. 

Pada kompetisi ini para mahasiswa diminta untuk menciptakan proses dan ide kreatif yang inovatif berdasarkan studi kasus seputar pemasaran yang diberikan oleh perusahaan.

“Berpartisipasi dalam ajang Marketition merupakan suatu kesempatan yang baik bagi kami untuk ikut meningkatkan kualitas para mahasiswa, khususnya melalui case study pemasaran yang kami berikan kepada para peserta yaitu menciptakan marketing plan untuk integrated loyalty program dari bisnis kendaraan roda empat yang merupakan salah satu segmen bisnis MPM. Ajang ini juga sekaligus menjadi sarana bagi kami untuk mendapatkan ide-ide baru yang diharapkan dapat dikembangkan dan diimplementasikan di perusahaan,” jkata GM Organization & People Development PT Mitra Pinasthika Mustika Tbk, Arifan Rachman, dalam siaran persnya, Senin (24/2).

Arifan menyebutkan pula beberapa aspek yang dinilai dalam kompetisi ini adalah orisinalitas ide, strategi marketing yang digunakan, aspek finansial, dan prospek revenue dari ide yang ditawarkan.

Faculty Member of Universitas Prasetiya Mulya Prof Andreas Budihardjo menjelaskan, Marketition hadir sebagai media baru bagi para pelaku bisnis untuk dapat menghadirkan solusi dari berbagai tantangan yang dihadapi, khususnya dalam bidang marketing. Untuk itu, sejak awal pelaksanaannya selalu menggandeng berbagai perusahaan terkemuka. 

“Dalam melaksanakan Marketition yang ke-8 ini kami bekerja sama dengan MPM, sebagai perusahaan automotive consumer yang telah beroperasi selama lebih dari tiga dekade. Hal ini tentunya menjadi pembelajaran yang menarik bagi para mahasiswa bagaimana membuat marketing plan bagi perusahaan yang berfokus di bidang B2B juga B2C,” ungkapnya.

Dari 56 grup peserta yang mendaftar dalam kompetisi ini, terpilih 16 tim yang berhasil masuk ke babak semifinal yang diadakan pada Selasa (18/2) di Gedung Universitas Prasetiya Mulya Cilandak. Para peserta diminta untuk mempresentasikan langsung idenya di hadapan akademisi Universitas Prasetiya Mulya dan senior leaders MPM yang kemudian langsung disaring untuk masuk ke babak final. 

Adapun tim yang berhasil mendapatkan gelar juara dan hadiah senilai 4.200 dolar AS yaitu Amero Uno PPM School of Management (juara 1), Energized from Synergized IPMI International Business School (juara 2), Racehorse SBM ITB (juara 3), dan Figther Binus University (Best Social Media Campaign). 

"Kami ucapkan selamat kepada tim-tim yang berhasil meraih gelar juara di Marketition kali ini dan juga terima kasih bagi tim yang telah berpartisipasi namun belum berhasil lolos ke babak semifinal maupun final. Semoga kompetisi Marketition ini dapat terus berlangsung dan terus menghasilkan ide- ide terbaik yang dapat bermanfaat bagi perkembangan bisnis di Indonesia," ujar Arifan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement