Thursday, 16 Sya'ban 1441 / 09 April 2020

Thursday, 16 Sya'ban 1441 / 09 April 2020

Hati-Hati, Undangan Grup WhatsApp Bisa Muncul di Pencarian Google!

Selasa 25 Feb 2020 09:19 WIB

Rep: wartaekonomi.co.id/ Red: wartaekonomi.co.id

Hati-Hati, Undangan Grup WhatsApp Bisa Muncul di Pencarian Google!. (FOTO: BBC)

Hati-Hati, Undangan Grup WhatsApp Bisa Muncul di Pencarian Google!. (FOTO: BBC)

Google dilaporkan sedang data undangan bergabung dalam grup percakapan whatsapp.

Warta Ekonomi.co.id, Jakarta

Google dilaporkan sedang mendata undangan untuk bergabung dalam grup percakapan di dalam aplikasi WhatsApp. Laporan TheVerge (21/2/2020) menyebut, salah satu fitur WhatsApp yakni "Invite to Group Link" mengakibatkan undangan untuk bergabung ke dalam grup percakapan akan muncul dalam hasil pencarian Google.

Salah satu uji coba dilakukan oleh Motherboard, hasilnya, Motherboard berhasil masuk ke dalam grup percakapan di WhatsApp dengan mencari link undangan terlebih dulu dari Google. Tentu data pengguna dalam grup yang dimasuki Motherboard pun terpampang seperti nomor WhatsApp anggota grup percakapan.

Baca Juga: Ingin 'Hancurkan' WhatsApp, Pendirinya Bikin Aplikasi Messenger Baru Anti Sadap, Nyindir Banget!

Jurnalis Jordan Wilson menyebut bahwa admin grup dapat memblokir akses masuk melalui link url yang ditemukan di Google. Namun, pemblokiran itu hanya dilakukan dengan menciptakan link url undangan baru tanpa menonaktifkan URL yang lama.

Juru bicara WhatsApp sendiri mengingatkan bahwa undangan percakapan grup WhatsApp harusnya hanya dibagikan ke dalam lingkup yang privat dan tidak sembarang disebar.

"Seperti semua konten yang dibagikan di saluran publik yang dapat ditelusuri, mengundang lewat link tautan yang di-posting secara publik di internet dapat ditemukan oleh pengguna WhatsApp lainnya," kata juru bicara WhatsApp Alison Bonny dilansir dari TheVerge, Senin (21/2/2020).

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Warta Ekonomi. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Warta Ekonomi.
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA