Sabtu 22 Feb 2020 16:00 WIB

SMK 2 Karawang Miliki Hotel dan Restoran

Pembangunan hotel dan restoran untuk mengimplementasikan belajar di sekolah.

Rep: Zuli Istiqomah/ Red: Dwi Murdaningsih
Siswa SMK (ilustrasi)
Siswa SMK (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, KARAWANG — Biasanya sekolah identik sebagai lembaga pendidikan yang di dalamnya hanya ada kepala sekolah, guru, murid, penjaga sekolah dan kantin kecil tempat bercengkrama sambil melepaskan pikiran berat akibat materi pelajaran. Namun sebuah SMK di Kabupaten Karawang ini menampilkan gambaran yang berbeda.

SMKN 2 Karawang memiliki fasilitas unik. Sekolah ini memiliki hotel dan restoran di dalamnya. Uniknya, pelayanan hotel dan restorannya dilakukan sendiri oleh para siswa-siswinya.

Baca Juga

Kepala Sekolah SMKN 2 Karawang Lili Suhenda mengatakan sekolah ini belum lama mendirikan sebuah mini hotel. Menambah fasilitas yang ada, restoran pun juga diluncurkan. Meskipun dijalankan oleh siswa-siswinya, tidak kalah dengan hotel atau restoran berbintang. Mulai dari makanan, minuman hingga pelayannnya.

“Cuma bedanya tim yang terjun langsung merupakan siswa-siswi dari jurusan Tata Boga,” kata Lili dalam siaran persnya.

Lili mengatakan maksud dan tujuan dibangunnya hotel dan restoran ini dalam rangka penerapan ilmu pengetahuan yang didapatnya di sekolah. Sehingga bisa langsung dipraktikkan dalam pekerjaan.

Lili mengaku optimis lulusannya bisa memiliki kompetensi skill dan kemampuan yang bisa berdaya saing dan siap kerja. Untuk mendukung dan membantu para alumninya, saat ini pihak sekolah  juga suda bekerjasama dengan hampir semua hotel dan restoran yang ada di Kabupaten Karawang.

“Ini buat latihan siswa siswi kami, agar mereka ke depan benar benar menjadi seorang wirausahawan handal,” ujarnya.

Ia menambahkan saat ini hotel dan restoran masih dibuka khusus untuk pihak sekolah. Namun dalam waktu dekat akan dibuka untuk umum sebagai media praktik secara langsung para siswa-siswinya.

Menurutnya, pembangunan fasilitas ini mendapat bantuan dari CSR Djarum Foundation. Selain itu Bupatu Karawang Cellica Nurrachadiana disebutkan sangat mendukung pengembangan konsep kewirausahaan di sekolah ini.

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement