Sabtu 22 Feb 2020 15:20 WIB

Layanan Inspeksi Mobil OLX Naik 300 Persen Pascabanjir

Inspeksi mobil merupakan layanan pengecekan mobil secara detail dan menyeluruh.

Rep: Eric Iskandarsjah Z/ Red: Dwi Murdaningsih
Montir memperbaiki mobil bekas terendam banjir, di salah satu bengkel mobil di Cawang, Jakarta, Senin (6/1/2020).
Foto: Antara/Aditya Pradana Putra
Montir memperbaiki mobil bekas terendam banjir, di salah satu bengkel mobil di Cawang, Jakarta, Senin (6/1/2020).

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA—Banjir yang melanda Jakarta dan sekitarnya di awal tahun 2020 memberikan dampak cukup besar bagi masyarakat. Tidak hanya kerusakan rumah yang terjadi secara masif, namun juga kendaraan bermotor. Hal ini pun membuat banyak masyarakat yang membutuhkan jasa inspeksi mobil untuk menghindari pembelian mobil bekas yang sempat terendam banjir.

Director of Growth & Partnership OLX Indonesia, Agung Iskandar mengatakan, berdasar data OLX, permintaan layanan inspeksi di Januari 2020 pasca terjadinya banjir meningkat hingga 303 persen. “Total permintaan layanan inspeksi jauh lebih banyak dibandingkan bulan yang sama di tahun lalu,” kata Agung dalam keterangan pers kepada Republika.co.id pada Sabtu (22/2).

Baca Juga

Inspeksi mobil merupakan layanan pengecekan mobil secara detail dan menyeluruh, yang bekerja sama dengan mitra layanan pengecekan mobil independen dan berpengalaman. Program ini diluncurkan OLX sejak tahun 2018 untuk memberikan keamanan dan kenyamanan pelanggan yang menginginkan laporan komprehensif atas kondisi mobil yang akan dibeli.

“Hasil survey internal kami kepada para pelanggan inspeksi mobil menunjukkan 61 persen dari pemesan layanan inspeksi mobil ini dimaksudkan untuk menghindari kemungkinan pembelian unit mobil yang terdampak banjir,” ujarnya.

Sementara, lanjut dia, 21 persen responden memesan layanan ini agar tidak dipermainkan oleh penjual mobil bekas. Oleh karena itu, ia pun menekankan, dengan memanfaatkan layanan inspeksi mobil, masyarakat bisa mendapatkan insight kondisi mobil secara menyeluruh, terpercaya dan obyektif.

Layanan inspeksi mobil OLX hadir untuk menjawab permasalahan yang seringkali dihadapi penjual dan pembeli mobil saat bertransaksi online. Di OLX, lanjutnya, informasi yang detil dan akurat mengenai kondisi mobil yang akan dijual atau akan dibeli menjadi kebutuhan utama dalam proses jual beli.

“Dengan kondisi ibu kota yang memasuki musim penghujan sehingga rentan terjadi banjir yang dapat berakibat fatal bagi kendaraan bermotor, kami berharap layanan ini tidak hanya bisa membantu calon penjual dan pembeli mobil di platform OLX, namun juga bisa membantu masyarakat umum yang ingin mengetahui kondisi terkini mobilnya,” kata dia.

Di sisi lain, survey internal juga menyatakan bahwa 8 persen pemesan layanan inspeksi mobil di Januari ini bertujuan untuk mengecek kondisi unit mobil yang akan mereka jual. “Kami senang layanan kami dipercaya masyarakat bisa memberikan data dan informasi yang valid bagi pemilik mobil. Kami akan terus meningkatkan layanan kami guna memberikan kemudahan dan kenyamanan pengguna platform kami,” ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement