Wednesday, 15 Sya'ban 1441 / 08 April 2020

Wednesday, 15 Sya'ban 1441 / 08 April 2020

Aksi Heroik Warga Selamatkan Belasan Korban Hanyut di Sleman

Sabtu 22 Feb 2020 00:31 WIB

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Andi Nur Aminah

 Suasana koordinasi pencarian korban hanyut di Sungai Sempor,  Kecamatan Turi, Kabupaten Sleman, Jumat (21/2).

Suasana koordinasi pencarian korban hanyut di Sungai Sempor, Kecamatan Turi, Kabupaten Sleman, Jumat (21/2).

Foto: Republika/Wahyu Suryana
Ada 15 higga 20 siswa yang hanyut dan berhasil diselamatkan olh warga.

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Pencarian korban hanyut di Sungai Sempor, Kecamatan Turi, Kabupaten Sleman terus dilakukan. Saat kejadian, warga sekitar sungai sempat menyelamatkan belasan siswa-siswa SMPN 1 Turi yang hanyut.

Baca Juga

Salah seorang warga Pedukuhan Donokerto, Heru Purwanto menuturkan, kejadian hanyut terjadi pada Jumat sore. Saat itu, warga yang ada di sekitar lokasi Lembah Sempor kaget lantaran banyak siswa-siswa yang hanyut. "Langsung warga turun ke pinggiran sungai untuk mencoba menyelamatkan," kata Heru, Jumat (21/2) malam.

Hal itu dilakukan secara spontan oleh masyarakat sebelum siswa-siswa yang melintasi Sungai Sempor hanyut jebih jauh. Ia bersyukur, ada belasan siswa-siswa yang hanyut berhasil diselamatkan masyarakat. "Itu ada 15 sampai 20 orang, tapi semuanya selamat," ujar Heru.

Ditemui di Posko Pencarian Padukuhan Donokerto, Bupati Sleman, Sri Purnomo menyayangkan ada agenda susur sungai saat musim hujan. Meskipun, arus Sungai Sempor normal ketika cuaca cerah.

"Dalam keadaan normal Sungai Sempor memang biasa digunakan untuk outbond, tapi biasanya dipandu desa wisata, mereka sudah punya SOP dan lain-lain," kata Sri.

Untuk itu, Sri menekankan, mereka akan meminta keterangan pasti sekolah yang mengizinkan kegiatan dilaksanakan. Jika ditemukan kelalaian, ia memastikan ada peringatan yang akan diberikan. 

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA