Saturday, 11 Sya'ban 1441 / 04 April 2020

Saturday, 11 Sya'ban 1441 / 04 April 2020

Dua Ribu Personel Amankan Aksi Damai PA 212

Jumat 21 Feb 2020 12:01 WIB

Rep: Flori Sidebang/ Red: Indira Rezkisari

Massa yang tergabung dalam Alumni 212 mengibarkan bendera merah putih saat aksi reuni 212 di lapangan Monumen Nasional, Jakarta, Senin (2/12). Pada Jumat (21/2/2020), massa PA akan kembali berkumpul di Jakarta.

Massa yang tergabung dalam Alumni 212 mengibarkan bendera merah putih saat aksi reuni 212 di lapangan Monumen Nasional, Jakarta, Senin (2/12). Pada Jumat (21/2/2020), massa PA akan kembali berkumpul di Jakarta.

Foto: Republika/Thoudy Badai
Aksi damai PA 212 akan dimulai setelah shalat Jumat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Persaudaraan Alumni (PA) 212 akan menggelar aksi damai di depan Istana Negara, Jakarta Pusat, Jumat (21/2). Polisi telah menyiapkan pengaman sebanyak dua ribu personel gabungan dari TNI-Polri.

“Kesiapan pengamanan dari Polda Metro Jaya bersama teman-teman dari TNI dan Polri sudah siap, dengan kekuatan sekitar 2 ribu personel yang kita turunkan untuk kesiapan pengamanan (aksi unjuk rasa PA 212) siang nanti,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus di Mapolda Metro Jaya, Jumat (21/2).

Yusri menuturkan, pihaknya telah menerima surat pemberitahuan mengenai kegiatan tersebut. Rencananya, aksi unjuk rasa akan dilakukan setelah shalat Jumat hingga pukul 18.00 WIB. Diperkirakan massa yang akan hadir dalam aksi ini sekitar seribu lebih orang.

“Memang dalam (surat) pemberitahuan kemarin (aksi unjuk rasa) sampai dengan 18.00 WIB, tapi hasil koordinasi, ini kegiatan yang damai menurut korlap yang ada,” ujar Yusri.

Sementara itu, Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya, AKBP Fahri Siregar mengatakan, pihaknya telah menyiapkan rekayasa lalu lintas terkait adanya aksi itu. Namun, kata Fahri, rekayasa lalu lintas itu akan dilakukan secara situasional.

“Untuk arus lalu lintasnya bersifat situasional ya,” tutur Fahri.

Berikut reyasa lalu lintas yang telah disiapkan Ditlantas Polda Metro Jaya:

1. Arus lalin dari Jalan Veteran Raya yang akan ke Jalan Veteran III diluruskan ke traffic light Harmoni.

2. Arus lalin dari Jalan Merdeka Timur yang akan menuju Jalan Merdeka Utara dibelokkan ke kanan ke Jalan Perwira.

3. Arus lalin dari Jalan Ridwan Rais yang akan menuju Jalan Merdeka Selatan diluruskan ke Jalan Merdeka Timur.

4. Arus lalin dari Jalan MH Thamrin yang akan menuju bundaran Patung Kuda dibelokkan ke kiri atau ke kanan Jalan Kebon Sirih.

5. Arus lalin dari Jalan Abdul Muis yang akan belok kiri ke Jalan Budi Kemuliaan diluruskan ke Jalan Fachrudin dan arus lalin dari Jalan Fachrudin yang akan belok ke kanan ke Jalan Budi Kemuliaan diluruskan ke Jalan Abdul Muis.

6. Arus lalin dari Jalan Tanah Abang II yang akan lurus ke Jalan Museum dibelokkan ke kiri maupun ke kanan dan arus lalin dari Jalan Majapahit yang akan belok ke kiri ke Jalan Museum diluruskan ke Jalan Abdul Muis dan arus lalu lintas dari Jalan Abdul Muis yang akan belok kanan ke Jalan Museum diluruskan ke Jalan Majapahit.

7. Arus lalin dari Jalan Hayam Wuruk yang akan lurus ke Jalan Majapahit dibelokkan ke kiri ke Jalan Juanda dan arus lalu lintas dari Jalan Veteran Raya yang akan belok kiri ke Jalan Majapahit diluruskan ke Jalan Suryo Pranoto maupun dibelokkan ke kanan Jalan Gajah Mada.



Baca Juga

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA