Thursday, 16 Sya'ban 1441 / 09 April 2020

Thursday, 16 Sya'ban 1441 / 09 April 2020

Museum dan Galeri Seni SBY-ANI akan Dibangun di Pacitan

Kamis 20 Feb 2020 22:19 WIB

Red: Fernan Rahadi

Presiden SBY dan Ibu Ani

Presiden SBY dan Ibu Ani

Foto: Antara
Museum dan Galeri Seni SBY-ANI akan dibangun di atas lahan sekitar 1,5 hektare.

REPUBLIKA.CO.ID, PACITAN -- Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) akan melakukan peletakan batu pertama (groundbreaking) pembangunan Museum dan Galeri Seni SBY-ANI yang berlokasi di Jalan Lingkar Selatan (JLS), Ploso, Pacitan, Jawa Timur, Sabtu (22/2) mendatang.

Museum dan Galeri Seni SBY-ANI akan dibangun di atas lahan sekitar 1,5 hektare. Sedangkan luas total bangunan museum dan galeri seni sekitar 7.500 meter persegi.

Ketua umum Asosiasi Museum Indonesia (AMI) Putu Supadma Rudana mengatakan dalam kepemimpinannya selama 10 tahun menjadi presiden, SBY telah  memberikan sumbangsih besar demi kemajuan permuseuman di Indonesia. Bahkan menurutnya, SBY membangun berbagai museum termasuk museum Kepresidenan Balai Kirti yang menampilkan presiden-presiden indonesia dari pertama sampai keenam yang telah berkontribusi demi kemajuan bangsa. 

Penamaan Balai Kirti untuk Museum Kepresidenan ini berasal dari kata Balai yang berarti tempat, wadah, atau ruangan. Sedangkan Kirti beraasl dari bahasa Sanksekarta yang berarti tindakan yang membawa kemasyhuran. Sementara Balai Kirti dapat dimaknai sebagai bangunan yang menampung berbagai benda bersejarah, peninggalan perjalanan sejarah kepemimpinan para presiden Republik Indonesia.

Museum Kepresidenan RI Balai Kirti dibangun pada tahun 2012. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono sebagai penggagas Museum Kepresidenan RI tersebut meresmikannya pada tanggal 18 Oktober 2014. Selain itu, SBY juga yang telah menggagas gerakan nasional cinta museum di Indonesia. 

Maka tidak berlebihan jika ketua umum AMI  menganugerahkan SBY sebagai Bapak Pemajuan Permuseuman Indonesia pada tahun 2016 lalu di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta.  “Bapak SBY begitu Berjasa dalam Pemajuan Permuseuman Indonesia khususnya selama 10 tahun kepemimpinan beliau dari 2004 sampai 2014, banyak ide beliau yang membuat terobosan untuk museum," ungkap Putu Supadma Rudana.

Menurut Putu, menjadi kebanggaan bagi Asosiasi Museum Indonesia karena SBY turut membangun Museum demi meluhurkan dan memuliakan permuseuman Indonesia. Ketum AMI ini pun yakin, museum SBY dan Galeri ANI akan menjadi salah satu museum yang terbaik di tanah air, dan akan ramai dikunjungi oleh lapisan masyarakat yang ingin mengetahui sejarah.

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA