Tuesday, 14 Sya'ban 1441 / 07 April 2020

Tuesday, 14 Sya'ban 1441 / 07 April 2020

Siswa SMPIT Darul Abidin Bersihkan Sampah di Situ Pladen

Kamis 20 Feb 2020 21:50 WIB

Rep: Andrian Saputra/ Red: Muhammad Fakhruddin

Aktivitas bersih-bersih pantai dari beragam sampah dari laut (Ilustrasi)

Aktivitas bersih-bersih pantai dari beragam sampah dari laut (Ilustrasi)

Foto: Didik Suhartono/ANTARA FOTO
Siswa juga menanam sejumlah bibit tanaman di kawasan situ.

REPUBLIKA.CO.ID,DEPOK --- Puluhan siswa SMP Islam Terpadu Darul Abidin Depok antusias membersihkan sampah di sekitar kawasan Situ Pladen, Beji, Depok. Kegitan itu dilakukan dalam rangka memperingati hari peduli sampah nasional (HPSN).

Ada sebanyak 70 siswa yang terlibat membersihkan sampah di sekitar situ Pladen. Menurut Kepala Bidang Kesiswaan SMPIT Darul Abidin, Ria mengatakan kegiatan itu bertujuan agar siswa  lebih peduli terhadap lingkungan.

"Siswa yang bertugas merasa senang dapat berkontribusi dalam menjaga lingkungan. Mereka secara berkelompok membawa tempat sampah, lalu memungut sampah bahkan di sela-sela jalan," kata Ria dalam rilis yang diterima Republika,co.id pada Kamis (20/2).

Selain membersihkan sampah di kawasan situ Pladen, siswa juga menanam sejumlah bibit tanaman di kawasan situ. Para siswa SMPIT Darul Abidin juga membagikan sembako kepada petugas kebersihan situ serta memberikan papan edukasi dan tempat sampah untuk ditempatkan di sejumlah titik di kawasan situ Pladen. 

"Melalui kegiatan ini, seluruh siswa yang diwakilkan oleh 70 siswa tim Adiwiyata dapat peduli terhadap para petugas kebersihan dan lebih peka terhadap kondisi lingkungan sekitar, dengan membuang sampah pada tempatnya, dan semangat untuk membersihkan kembali," katanya. 

Ria menambahkan kegiatan memperingati hari peduli sampah nasional itu digelar selain sebagai gerakan siswa peduli lingkungan juga bertujuan untuk mengenang peristiwa longsor yang terjadi pada 21 Februari 2005 di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Lewigajah, Bandung, Jawa Barat. 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA