Friday, 17 Sya'ban 1441 / 10 April 2020

Friday, 17 Sya'ban 1441 / 10 April 2020

Pengiriman Blangko KTP-El di Purbalingga Mulai Lancar

Kamis 20 Feb 2020 16:08 WIB

Rep: Eko Widiyatno/ Red: Dwi Murdaningsih

Warga membuat KTP Elektronik. ilustrasi

Warga membuat KTP Elektronik. ilustrasi

Foto: Wihdan Hidayat/ Republika
Dindukcapil Purbalingga mendapat kiriman blanko e-KTP sebanyak 38 ribu lembar.

REPUBLIKA.CO.ID, PURBALINGGA -- Warga Kabupaten Purbalingga yang selama ini masih memegang Surat Keterangan (Suket) pengganti KTP elektronik (KTP-El), akan segera mendapat KTP-El asli. Hal ini menyusul pengiriman blanko KTP-El dari Ditjen Kependudukan dan Catatan Sipil Kementerian Dalam Negeri, yang mulai berlangsung lancar.

Baca Juga

''Sejak akhir Januari 2020 lalu, pengiriman blanko e-KTP dari Kemendagri sudah mulai lancar. Dengan demikian, mereka yang selama masih memegang Suket Pengganti e-KTP, secara berangsur-angsur sudah mulai jauh berkurang,'' ucap Plt Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dinpendukcapil) Purbalingga Sridadi, Kamis (20/2).

Sridadi menyatakan, pihaknya juga diminta untuk menandatangani kesanggupan pencetakan blanko KTP-El di Ditjen Dukcapil (Kemendagri). Setelah penandatanganan, Dindukcapi mendapat pasokan seluruh kebutuhan blanko KTP-El.

Sebelumnya, warga yang tercatat masih memegang Suket Pengganti KTP-El, tercatat sampai mereka yang mengurus pembuatan KTP-El pada Mei 2019. Untuk menyelesaikan tunggakan penyelesaian KTP-El tersebut, pada pertengahan Januari 2020, Dindukcapil Purbalingga mendapat kiriman blanko KTP-El sebanyak 38 ribu lembar.

''Dengan kiriman tersebut, seluruh warga yang mengurus KTP-El pada tahun 2019 namun masih memegang suket pengganti KTP-El, bisa diberikan KTP-El,'' jelasnya.

Selanjutkan, pada 17 Februari 2020 lalu, Dindukcapil Purbalingga kembali mendapat pasokan blanko KTP-El sebanyak 22 ribu lembar. ''Dengan adanya pasokan ini, maka mereka yang mengurus KTP-El pada awal tahun 2020 hingga Februari 2020 ini, bisa langsung mendapatkan KTP-El,'' katanya.

Sridadi menyebutkan, dalam upaya memenuhi kebutuhan KTP-El warga, petugasnya harus melakukan lembur siang-malam untuk mencetak KTP-El. ''Bahkan pada Sabtu-Ahad pun, ada petugas kami yang lembut melakukan pencetakan agar seluruh tunggakan penerima suket pengganti KTP-El yang jumlahnya mencapai 60 ribu lembar, bisa diselesaikan,'' ucap dia.

Untuk itu, dia berharap agar pada waktu-waktu selanjutnya, Ditjen Dukcapil Kemendagri bisa rutin mengirim pasokan blanko KTP-El secara lancar. Dia menyebutkan, meski Suket pengganti KTP-El memiliki kekuatan hukum yang sama dan bisa digunakan untuk berbagai keperluan, namun masyarakat tetap merasa tidak puas dan menginginkan agar bisa segera mendapat KTP-El. "Mudah-mudahan, ke depannya pasokan blanko KTP-El bisa lebih lancar dan sesuai kebutuhan,'' kata dia.

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA