Kamis 20 Feb 2020 14:55 WIB

Pelajar SD di Sukabumi Dikenalkan Teknologi Robotik

Guru di Sukabumi dilatih keterampilan robot sehingga bisa mengajarkan kepada siswa.

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Dwi Murdaningsih
Robot menggantikan manusia (ilustrasi).
Foto: ABC
Robot menggantikan manusia (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Para pelajar tingkat sekolah dasar (SD) di Kota Sukabumi akan dikenalkan dengan teknologi robotik. Langkah tersebut diperlukan agar anak-anak akrab dengan perkembangan teknologi yang makin pesat.

''Kami mendorong adanya inovasi dalam dunia pendidikan yakni mengenalkan teknologi robotic di tingkat SD,'' ujar Wakil Wali Kota Sukabumi Andri Setiawan Hamami kepada wartawan, Kamis (20/2),  di sela-sela seminar pendidikan robotic, sains dan teknologi robotika yang digagas Pasim Robotic Center, Yayasan Pasim Ar-Rayyan Sukabumi.

Baca Juga

Terobosan ini kata Andri untuk mengenalkan sejak dini teknologi robotik kepada pelajar dalam menyongsong era revolusi industri 4.0. Para peserta seminar tersebut adalah para guru tingkat SD di Kota Sukabumi.

Nantinya para guru akan mentransfer keilmuan robotik kepada anak didiknya di sekolah.  Kegiatan ini dinilai terobosan atau kreativitas luar biasa bagi dunia pendidikan dan dunia intelektual.

Andri menuturkan, melalui kegiatan ini dapat mempersiapkan diri dalam mengarungi era digital dan teknologi informasi yang begitu cepat perubahannya dari waktu ke waktu. Terutama, dalam rangka mewujudkan cita-cita luhur bangsa Indonesia yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil, dan makmur melalui pendidikan yang berkualitas yang berorientasi pada pencetakan SDM yang kompetitif, dan berkarakter.

Menurut Andri, teknologi robotika di era globalisasi ini memiliki peran cukup penting dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu semua elemen dituntut untuk mempelajari teknologi robotika agar mampu berkompetisi dalam dunia sains dan teknologi pada era globalisasi.

''Ke depan para guru untuk serius menindaklanjuti dan mengembangkan program penyelarasan pendidikan,'' kata Andri.

Di sisi lain, kata Andri, Pemda akan memberikan dukungan dari yang awalnya pembelajaran biasa menjadi menggunakan teknologi khususnya robotik. Namun penerapannya dilakukan secara bertahap karena membutuhkan perencanaan dan dukungan anggaran.

Perkembangan robotika kata Andri, tidak hanya pada tidak hanya pada kecanggihan rancangan mekanikanya saja melaikan sistem kendali menggunakan sistem komputerisasi. Seiring dengan berkembangnya teknologi robotika, maka makin mempermudah manusia membuat robot yang memiliki kecerdasan mengikuti kehendaknya.

Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi, perkembangan teknologi termasuk penggunaan robot dalam pemerintahan memang sudah dicanangkan pemerintah pusat. Akibatnya daerah harus mempersiapkan diri dalam menghadapinya. Termasuk peningkatan kualitas SDM yang menguasai teknologi informasi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement