Thursday, 16 Sya'ban 1441 / 09 April 2020

Thursday, 16 Sya'ban 1441 / 09 April 2020

Legislator Dorong Pengembangan Desa Wisata Bukit Tilung

Rabu 19 Feb 2020 22:05 WIB

Red: Muhammad Fakhruddin

Pemandangan kawasan Taman Nasional Danau Sentarum (TNDS) di Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, Kamis (26/10).

Pemandangan kawasan Taman Nasional Danau Sentarum (TNDS) di Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, Kamis (26/10).

Foto: Antara/Hs Putra Pasaribu
Panorama alam Bukit Tilung yang menyerupai peti mati menjadi daya tarik tersendiri.

REPUBLIKA.CO.ID,PUTUSSIBAU -- Legislator Kapuas Hulu, Fabianus Kasim terus mendorong pengembangan desa wisata Bukit Tilung di tiga desa, pada Kecamatan Kalis wilayah Kapuas Hulu Kalimantan Barat.

"Tahun ini saya dorong anggaran agar tiga desa tersebut menjadi desa wisata Bukti Tilung," kata Anggota DPRD Kapuas Hulu, Fabianus Kasim, di Putussibau, Ibu Kota Kabupaten Kapuas Hulu Kalimantan Barat, Rabu (10/2).

Kasim menjelaskan, tiga desa yang didorong sebagai desa wisata Bukit Tilung yaitu Desa Rantau Bumbun, Rantau Kalis dan Nanga Raun, dan tiga desa tersebut masuk dalam satu aliran Sungai Mandai dan Sungai Batang Kalis. Menurut dia, sebagai upaya dorongan tersebut dirinya menganggarkan berdasarkan usulan masyarakat untuk dana master plan dan kajian wisata Bukit Tilung.

"Anggaran tersebut tahun ini akan segera dilaksanakan, dengan harapan tiga desa tersebut menjadi desa wisata Bukit Tilung," jelas Kasim.

Dikatakan Kasim, Bukit Tilung punya legenda khususnya di kalangan suku Dayak bahkan sering dikunjungi wisatawan dari Malaysia yang juga meyakini para leluhur datang dan kembali ke kayangan melalui Bukit Tilung.

"Sebelum adanya agama, Bukit Tilung dipercaya oleh orang Dayak sebagai tempat kembalinya para leluhur ke kayangan dan di tingkat ke tujuh bukit tersebut ada kolam yang diyakini sebagai tempat pemandian para arwah sebelum naik ke kayangan," ucap Kasim.

Panorama alam Bukit Tilung, kata Kasim, yang menyerupai peti mati tentu itu menjadi daya tarik tersendiri, bahkan di Desa Rantau Bumbun ada Riam Teset yang luar biasa.

"Saya yakin jika tiga desa di kawasan Bukit Tilung itu ditetapkan sebagai desa wisata maka dapat mendongkrak pertumbuhan ekonomi masyarakat," kata Kasim yang belum lama ini juga telah melakukan reses di daerah tersebut.

sumber : ANTARA
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA