Wednesday, 15 Sya'ban 1441 / 08 April 2020

Wednesday, 15 Sya'ban 1441 / 08 April 2020

Belanda Peringati Multatuli Year 2020

Kamis 20 Feb 2020 01:03 WIB

Rep: Antara/ Red: Christiyaningsih

Salah satu sudut Kota Amsterdam, Belanda. Multatuli Year diadakan hingga akhir 2020 di De Nieuwe Kerk, Amsterdam. Ilustrasi.

Salah satu sudut Kota Amsterdam, Belanda. Multatuli Year diadakan hingga akhir 2020 di De Nieuwe Kerk, Amsterdam. Ilustrasi.

Foto: EPA
Multatuli Year diadakan hingga akhir 2020 di De Nieuwe Kerk, Amsterdam

REPUBLIKA.CO.ID,  AMSTERDAM - Duta Besar Republik Indonesia untuk Kerajaan Belanda, I Gusti A. Wesaka Puja, menghadiri acara Peresmian Monumen Peringatan Multatuli oleh Raja Belanda, Willem-Alexander pada Selasa (17/2). Acara ini merupakan rangkaian awal dari Kegiatan Multatuli Year yang akan diadakan hingga akhir 2020 di De Nieuwe Kerk, Amsterdam.

Siaran pers yang diterima Rabu menyatakan peresmian dilakukan Raja dengan menyingkap kain hijau yang menutupi batu monumen. Di atas monumen terukir sepenggal kalimat yang diambil dari novel legendaris karya Multatuli, Max Havelaar. “Saya adalah makelar kopi dan saya tinggal di LauriergrachtNo.37,” demikian bunyi kalimat tersebut.

Dalam kesempatan tersebut, penulis dan jurnalis ternama Belanda Arnon Grunberg menyampaikan pidato. Aktor Thom Hoffman yang berperan sebagai Multatuli membacakan kutipan dari Max Havelaar. "Multatuli tidak ingin menulis dengan baik, namun ingin pemikirannya didengar," demikian bunyi kutipan itu.

Baca Juga

Multatuli Year merupakan kegiatan yang didedikasikan oleh Belanda bagi kontribusi besar Multatuli yang tahun ini tepat berusia 200 tahun. Selain merayakan kelahiran Multatuli, acara bertepatan dengan Perayaan ke-75 Multatuli Society.

Komunitas Multatuli Society pada awal Maret akan meluncurkan laman resmi Multatuli online. Wadah digital itu memuat karya Multatuli dan ditujukan kepada semua orang yang ingin mengenal Multatuli secara lebih dekat.

Selain Multatuli Society, perayaan Multatuli Year juga dilakukan di Museum Multatuli, tempat kelahiran Edward Douwes Dekker, di Amsterdam. Museum menyuguhkan berbagai kegiatan menarik baik untuk pengunjung dewasa hingga anak-anak. Bagi Indonesia, kegiatan ini merupakan momentum yang sangat baik dalam rangka menyemarakkan rencana kunjungan Raja dan Ratu Belanda ke Indonesia pada awal Maret 2020.

Edward Douwes Dekker atau lebih dikenal sebagai Multatuli merupakan penulis tersohor Belanda. Ia dikenal sebagai seseorang dengan pemikiran yang lebih maju di zamannya.

Multatuli dilahirkan pada 2 Maret 1820 di Amsterdam. Pada 1856 ia mulai meniti karier sebagai Asisten Residen di Lebak. Multatuli merupakan tokoh yang mempromosikan dan memperjuangkan persamaan hak, dukungan terhadap feminisme dan antikorupsi.


BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA