Wednesday, 15 Sya'ban 1441 / 08 April 2020

Wednesday, 15 Sya'ban 1441 / 08 April 2020

Manggarai Barat Perkenalkan Tiga Destinasi Wisata Baru

Rabu 19 Feb 2020 17:11 WIB

Rep: Prasetyo Agung (cek n ricek)/ Red: Prasetyo Agung (cek n ricek)

Manggarai Barat luncurkan tiga destinasi baru.

Manggarai Barat luncurkan tiga destinasi baru.

Tiga destinasi baru itu diperkenalkan untuk menggenjot perekonomian rakyat.

MANGGARAI BARAT -- Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat melalui dinas kebudayaan dan pariwisata pada 2020 akan fokus untuk mengembangkan tiga destinasi wisata baru di luar kawasan taman Nasional Komodo (TNK) untuk meningkatkan perekonomian masyarakat.

"Ada tiga destinasi wisata di luar kawasan TNK yang akan kami kembangkan dan promosikan, yakni tempat wisata Istana Ular, Gua Rangko dan Sano Limbung," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Manggarai Barat Agustinus Rinus, Selasa (4/2).

Kepada Antara, ia mengungkapkan pengenalan wisata baru itu digencarkan untuk pengembangan sektor pariwisata khususnya kawasan wisata baru di daerah itu yang belum dikenal oleh wisatawan, baik domestik maupun mancanegara.

"Nah ini juga dalam upaya pengembangan wisata super premium Labuan Bajo," ujar dia.

Selain itu, ia mengungkap pengembangan kawasan lokasi wisata baru itu diluncurkan agar wisatawan yang ekonominya pas-pasan bisa berwisata di objek wisata di luar dari kawasan wisata Komodo yang harganya dinilai sangat mahal. Gusti mengaku kunjungan wisatawan pada objek wisata yang ada di luar TNK dari tahun ke tahun meningkat pesat. Penataan yang lebih baik diharapkan bisa mendatangkan lebih banyak wisatawan.

Baca Juga: Presiden Jokowi Siapkan Labuan Bajo Destinasi Wisata Super Premium

Pada tahun 2019 misalnya kunjungan wisatawan ke Labuan Bajo mencapai 184.208 orang. Jumlah itu mengalami peningkatan yang cukup signifikan jika dibandingkan dengan kondisi 2018 yang hanya mencapai 163.807 wisatawan.

Agustinus menambahkan, bahwa pengembangan kawasan wisata di luar kawasan TNK itu akan dibuat senyaman mungkin mulai dari jalan dan lainnya yang membuat wisatawan yang berwisata merasakan kenyamanan.

"Kami juga tak ingin masyarakat Manggarai Barat menjadi penonton, oleh karena itu kita akan latih dan harapkan mereka juga bisa menyiapkan kerajinan tangannya agar bisa dijual kepada wisatawan sehingga mampu meningkat perekonomian," tutur dia.

BACA JUGA: Cek Berita AKTIVITAS PRESIDEN, Informasi Terkini Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini. 


Editor: Farid R Iskandar

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ceknricek.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ceknricek.com.
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA