Rabu 19 Feb 2020 15:19 WIB

Imam Nawawi Sampaikan Enam Keutamaan Membaca Alquran

Sesungguhnya Allah akan mengangkat derajat satu kaum dengan kitab ini (Alquran).

Rep: Ali Yusuf/ Red: Muhammad Fakhruddin
Imam Nawawi sampaikan enam keutamaan membaca Alquran. Foto: Ilustrasi Membaca Alquran
Foto: dok. Republika
Imam Nawawi sampaikan enam keutamaan membaca Alquran. Foto: Ilustrasi Membaca Alquran

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Imam Nawawi dalam kitabnya Riyadhus Shalihin menyampaikan hadis-hadis yang berkenaan dengan keutamaan membaca alquran. Setidaknya ada enam hadis menunjukan keutamaan orang yang membaca dan menghafal Alquran.

Berikut hadis-hadis sahih yang menguntungkan bagi para pembaca dan penghafal Alquran.

1. Alquran Menjadi Syafaat di Hari Kiamat.

"Dari Abu Umamah ra, aku mendengar Rasulullah SAW bersabda "Bacalah Alquran, karena sesungguhnya ia akan menjadi syafaat bagi para pembacanya." (HR.Muslim).

2. Mendapat predikat insan terbaik

"Dari Usman bin Affan, Rasulullah SAW bersabda " Sebaik-baik kalian adalah yang mempelajari Alquran dan mengajarkannya." (HR. Bukhari)

3. Bersama Malaikat di Akhirat

"Dari Aisyah, berkata bahwa Rasulullah bersabda " Orang yang membaca Alquran dan ia mahir membacanya, maka ia akan bersama para malaikat yang mulia lagi taat kepada Allah." (HR Bukhari dan Muslim).

4.Mendapat Pahala Dua Kali Lipat

"Rasulullah SAW bersabda "Dan orang yang membaca Alquran, sedang ia masih terbata-bata lagi berat dalam membacanya, maka ia akan mendapatkan dua pahala." (HR. Bukhari dan Muslim).

5. Allah angkat derajatnya

"Dari Umar bin Khatab ra, Rasulullah SAW bersabda "Sesungguhnya Allah akan mengangkat derajat satu kaum dengan kitab ini (Alquran), dengannya pula Allah akan merendahkan kaum yang lain." (HR.Muslim).

6. Mendapat pujian dari Allah 

"Dari Abu Hurairah ra, Rasulullah SAW bersabda "Tidaklah suatu kaum berkumpul di salah satu rumah-rumah Allah untuk melantunkan ayat-ayat suci Alquran dan mempelajarinya, melainkan akan turun kepada mereka ketenangan, akan dilingkupi diri mereka dengan rahmat, akan dilingkari oleh para malaikat, dan Allah pun akan menyebut (memuji) mereka di hadapan makhluk yang ada di dekat-Nya." (HR.Muslim)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement